Jakarta (ANTARA) - Ajax membukukan rekor kemenangan paling telak dalam sejarah klub di Liga Belanda seusai mencukur VVV Venlo 13-0 dalam pekan ke-6 yang berlangsung di Stadion De Koel, Venlo, pada Sabtu.

Kemenangan telak ini menjadi catatan sejarah baru bagi Ajax, setelah sebelumnya bisa menciptakan rekor gol selusin saat lawan Vitesse 12-1 pada musim 1971/72.

Lassina mencetak pancagol diiringi gol dari Jurgen Ekkelenkamp (2), Anthony, Dusan Tadic, Daley Blind, Klass Jan Huntelaar (2), dan Lisandro Martinez, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: PSV ambil alih puncak, Ajax naik ke posisi dua

Raihan tiga poin ini sekaligus membawa Ajax memimpin klasemen sementara dengan raihan 15 poin dan hanya terpaut dua angka dari PSV Eindhoven yang baru bermain sehari berselang.

Laga baru berjalan 17 menit Ajax sudah unggul 2-0 berkat aksi dari Jurgen Ekkelenkamp dan Lassina Traore. Gol pertama Ajax tercipta saat Lassina Traore memberikan umpan manis kepada Ekkelenkamp yang tinggal menyonteknya.

Sementara gol kedua melalui sundulan Lassina Traore menyelesaikan umpan silang Anthony. Bola meluncur deras ke gawang Delano van Crooij.

Baca juga: Selain Van Dijk, Liverpool juga tanpa Thiago dan Matip hadapi Ajax

Ajax benar-benar mengusai jalannya pertandingan. Mereka memaksa VVV Venlo hanya menunggu dan sesekali melakukan serangan balik. Saat bola sudah menyentuh lini pertahanan Ajax, bola kerap terblok.

Lassina Traore mencetak gol keduanya saat laga memasuki menit ke-32. Sontekannya menerima umpan matang Nicolas Tagliafico menggetarkan jala gawang Delano untuk yang ketiga kalinya.

Dusan Tadic kemudian menutup laga babak pertama dengan keunggulan 4-0. Umpan Sean Klaiber diselesaikan dengan sepakan mendatar yang mengelabui kiper.

VVV semakin terpuruk setelah pemain bertahan Christian Kum mendapat kartu merah langsung dari wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Anthony.

Kehilangan satu pemain harus dibayar mahal oleh tuan rumah. Dalam medio dua menit tepatnya pada menit 54 dan 55, Ajax mencetak dua gol lewat Lassina Traore dan Anthony.

Baca juga: Ajax tetap waspada walau Liverpool tanpa Van Dijk

Jurgen Ekkelenkamp dan Daley Blind tak ingin ketinggalan dalam pesta gol ini, Ajax sudah unggul 8-0 saat laga memasuki menit ke-59. Mimpi buruk VVV Venlo terus berlanjut, Lassina Traore mencetak Quattrick dan membawa Ajax terus membenamkan tuan rumah 9-0.

Striker flamboyan Klass Jan Huntelaar juga ingin kebagian dalam pesta gol itu dengan mencetak brace pada menit ke-74 dan 76.

Hanya berselang dua menit, Lisandro Martinez menggenapkan keunggulan Ajax menjadi selusin setelah sepakan kaki kirinya meluncur mulus ke gawang Delano. Delano seolah dipermainkan dalam pertandingan kali ini dan Ajax seperti tengah bermain dengan tim antar kampung.

Lassina Traore menjadi bintang dalam pertandingan kali ini. Pemain berkebangsaan Burkina Faso itu mencetak pancagol pada menit ke-87. Gol tersebut menjadi akhir dari mimpi buruk VVV Venlo.

Berikut susunan pemain:
VVV Venlo (4-3-3): Delano van Crooij; Christian Kum, Lukas Schmitz, Arjan Seinfeld, Tobias Pachonik; Evert Linthorst (Stan van Dicjk) Danny Post (Yahcuroo Roemer), Torino Hunte (Roy Gelmi); Giorgos Giakoumakis (Wassim Essaunoussi), Zinedine Machach (Simon Janssen), Vito Van Crooy.
Pelatih: Hans de Koning

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Daley Blind (Edson Alvarez), Nicolas Tagliafico (Lisandro Martinez), Sean Klaiber, Peer Schuurs; Davy Klaanssen, Ryan Gravenberch (Klass Jan Huntelaar); Jurgen Ekkelenkamp, Anthony (Zakaria Labyad), Lassina Traore; Dusan Tadic (Quincy Promes).
Pelatih: Erik ten Hag

Baca juga: Ajax pesta gol 5-1 lawan Heerenveen sekaligus kudeta puncak

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020