Ahad, Jakarta diintai hujan berpetir siang-malam

Ahad, Jakarta diintai hujan berpetir siang-malam

Lidah petir menjalar di langit Jakarta, Sabtu (1/4). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai hujan es, petir dan angin kencang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Jakarta menjelang pancaroba. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pd. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA.

Jakarta (ANTARA) - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir mengintai Jakarta, dengan perkiraan akan mengguyur Ibu Kota pada Ahad tanggal 25 Oktober 2020 siang dan malam hari.

Berdasarkan data yang diterbitkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ahad dini hari, menyebutkan bahwa hujan tersebut akan mulai terjadi pada siang hari setelah cuaca cerah berawan di seluruh wilayah Jakarta pada pagi hari.

Pada siang hari, hujan lebat berpetir akan terjadi di tiga wilayah Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur. Kemudian dua wilayah yakni Jakarta Pusat dan Jakarta Utara akan mengalami hujan sedang, sedangkan Kepulauan Seribu akan mendapatkan cuaca berawan.

Namun, memasuki sore hari, hujan berpetir di tiga wilayah yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan semakin hebat, bahkan BMKG mengeluarkan peringatan dini.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jaksel, Jaktim, Jakbar pada sore hari," tulis peringatan dini BMKG tersebut.

Hujan pada siang dan sore hari, akan menyebabkan seluruh wilayah Jakarta diguyur hujan dengan intensitas sedang, hanya wilayah Kepulauan Seribu yang akan mendapatkan hujan dengan intensitas ringan.

Selepas itu, pada Senin (26/10) dini hari, cuaca di sebagian besar Jakarta akan mengalami cerah berawan, hanya Jakarta Selatan yang bercuaca berawan.

Secara keseluruhan, pada Ahad, rentang suhu udara Jakarta berkisar 23-30 derajat celsius, dengan wilayah yang mendapat suhu terendah adalah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara, wilayah yang diprediksi akan mengalami suhu udara tertinggi berada di tiga wilayah yang sama.

Adapun kelembapan udara akan berkisar sekitar 70 hingga 100 persen dengan kelembapan terendah terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara kelembapan tertinggi akan terjadi di Jakarta Selatan dan Timur.

Sementara di wilayah penyangga Jakarta yakni Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi akan mengalami cuaca yang beragam pada Ahad ini.

Untuk wilayah Tangerang, cuaca diprediksi akan cerah berawan pada Ahad pagi, kemudian akan berganti menjadi hujan ringan pada siang harinya yang berlanjut hingga malam hari. Pada Senin (26/10) dini hari cuaca akan berawan untuk wilayah ini.

Rentang suhu udara di Tangerang akan berkisar antara 25-32 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar antara 60-95 persen.

Di wilayah Bekasi, cuaca berawan akan berlangsung pada pagi hari, kemudian hujan ringan akan mengguyur pada siang hari yang berlanjut hingga malam hari. Pada Senin (26/10) dini hari cuaca akan berawan untuk wilayah ini.

Rentang suhu udara di Bekasi akan berkisar antara 24-32 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar antara 65-95 persen.

Adapun di Depok, setelah cuaca cerah berawan pada Ahad pagi, di siang harinya hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur yang berlanjut hingga Senin (26/10) dini hari.

Rentang suhu udara di Depok akan berkisar antara 23-32 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar antara 65-95 persen.

Sementara di Kota Bogor, setelah cuaca cerah berawan di Ahad pagi, hujan dengan petir akan turun pada siang hari dan berlanjut dengan hujan ringan pada malam hari yang berlanjut sampai Senin (19/10) dini hari.

Rentang suhu udara di Bogor akan berkisar antara 22-31 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar antara 65-95 persen.

Baca juga: Sabtu, semua wilayah Jakarta diguyur hujan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG: Jabodetabek alami cuaca ekstrem tiga hari ke depan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar