Bandung (ANTARA News) - Setelah ban kapten Persib Bandung berada di lengannya, bek Nova Arianto, sosok plontos yang dikenal temperamental, mengakui harus lebih sabar dalam menghadapi dinamika di lapangan.

"Saya tetap main seperti biasa, tanggung jawab mungkin bertambah sebagai kapten kesebelasan, saya harus bisa memimpin tim dan harus bisa lebih sabar," kata Nova saat ditemui seusai latihan di Stadion Siliwangi, Bandung, Rabu.

Mengenai sosok Nova yang mudah panas, mantan kapten Persib, Eka Ramdhani, mengatakan bahwa hal itu tidak akan mempengaruhi gaya kepemimpinan di lapangan.

"Seperti kita ketahui, Roy Keane adalah kapten dengan perolehan kartu merah yang cukup banyak, tapi toh dia buktikan dengan jiwa kepemimpinan yang baik," kata Eka.

Menurut dia, seorang kapten harus bisa memimpin dirinya sendiri dan rekan-rekannya, juga bisa melakukan komunikasi yang baik dengan wasit.

Menurutnya, hal yang paling sulit dalam menjalani posisi kapten adalah aura untuk mengayomi rekan satu timnya, seperti halnya Robby Darwis saat masih membela Persib yang sangat berkharisma.

Ia pun menuturkan Maman dan Nova yang berpengalaman jadi kapten di timnya mumpuni untuk menjadi kapten skuad Persib Bandung.

"Tak ada masalah, Maman dan Nova punya jiwa kepemimpinan yang baik," katanya.
(L.KR-ASJ*S018/Y003/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010