counter

Jerman Ikuti Inggris Keluar dari WEU

Berlin (ANTARA News/Reuters) - Jerman Rabu menyatakan, negara itu mundur dari Uni Eropa Barat (WEU) karena peran organisasi pertahanan tersebut telah digantikan oleh Uni Eropa, satu hari setelah Inggris melakukan tindakan yang sama.

Semua tugas dan fungsi WEU pada masa depan akan dilakukan oleh EU berkat Perjanjian Lisabon yang mulai berlaku pada 1 Desember 2009, ujar seorang juru bicara pemerintah pada konferensi pers biasa.

WEU telah lama tidak aktif dan menjadi berlebihan ketika EU yang memiliki 27 negara anggota sepakat untuk membentuk staf militer sendiri dan pusat manajemen krisis serta mengambil bagian dalam operasi bersama.

"Dengan demikian peran bersejarah WEU telah terpenuhi dan negara-negara lain juga akan mundur secara resmi," katanya. Ia menjelaskan bahwa kabinet Kanselir Angela Merkel telah menyetujui langkah itu.

WEU, pakta pertahanan kolektif pertama di Eropa pasca Perang Dunia II, dibentuk oleh Inggris, Prancis, Belanda, Belgia dan Luksemburg pada 1948, untuk membalas tidakan Soviet yang akan menerapkan pengawasan atas Eropa tengah.

Organisasi itu merupakan perintis jalan bagi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), yang dibentuk tahun berikutnya di bawah perisai protektif AS. WEU pun hidup lama hidup tanpa peristiwa dalam bayangan NATO.

WEU telah tumbuh hingga memiliki 10 anggota penuh ditambah sejumlah anggota luar biasa dan rekan kerja tapi menjadi tanpa tujuan ketika Washington dan London melepaskan keberatan mereka terhadap keinginan Uni Eropa untuk melakukan peran militer, berkonsultasi dengan NATO. (S008/K004)

Restorasi lokomotif uap D1410, pengganti Jaladara

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar