Awali pekan perdagangan pendek, IHSG bergerak naik

Awali pekan perdagangan pendek, IHSG bergerak naik

Ilustrasi - Sejumlah pengunjung duduk berlatar belakang pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aa.

Untuk IHSG, kami perkirakan akan bergerak flat dan investor melakukan aksi wait and see
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin pagi bergerak naik mengawali pekan perdagangan yang pendek.

IHSG dibuka menguat 0,96 poin atau 0,02 persen ke posisi 5.113,15. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,64 poin atau 0,08 persen ke posisi 790,45.

"Untuk IHSG, kami perkirakan akan bergerak flat dan investor melakukan aksi wait and see," tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam laporan yang dikutip Antara di Jakarta, Senin.

Pekan lalu pasar AS secara mingguan bergerak melemah, sedangkan secara harian pada Jumat (23/10) lalu bergerak variatif. Dari pasar AS, investor masih terlihat menanti kesepakatan stimulus fiskal dan hasil pemilu presiden.

Perundingan stimulus antara Nancy Pelosi dan Steven Mnuchin yang masih berlangsung hingga saat ini, nampaknya terindikasi belum akan cair sebelum pemilihan presiden pada 3 November mendatang.

Yang dapat diperhatikan dari pasar AS pada minggu ini yaitu akan ada rilis data PDB kuartal III pada Kamis (29/10) pekan ini.

Dari dalam negeri, ada kabar baik dari perkembangan harian kasus COVID-19 yang sudah mulai melandai sejak satu bulan terakhir. Pada Minggu (25/10) kemarin bertambah sebanyak 3.732 kasus dibandingkan hari sebelumnya 4.070 kasus, sehingga total akumulasi kasus saat ini berjumlah 390 ribu kasus.

Baca juga: Saham Tokyo dibuka menguat didukung harapan laba perusahaan domestik
Baca juga: Dolar naik saat penyebaran virus, kebuntuan stimulus picu kewaspadaan


Yang menjadi kabar baik adalah jumlah pertambahan pasien yang sembuh berjumlah 4.545 orang pada Minggu dibandingkan hari sebelumnya 4.119 orang dengan akumulasi pasien sembuh mencapai 313 ribu atau sekitar 80,5 persen.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 8 November 2020 dengan catatan bisa memperketat kembali PSBB apabila jumlah penambahan kasus baru semakin banyak.

Pada Jumat (23/10) lalu IHSG ditutup menguat 0,41 persen secara harian dan cenderung bergerak flat 0,18 persen secara mingguan. Pekan ini bursa hanya akan buka dua hari dikarenakan adanya libur Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama pada 28-30 Oktober.

Di waktu perdagangan yang sedikit ini investor akan cenderung untuk melakukan "wait and see". Yang bisa diperhatikan pada pekan ini adalah rilis dari laporan keuangan kuartal III.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei melemah 8,3 poin atau 0,04 persen ke 23.508,29, indeks Shanghai turun 41,64 poin atau 1,27 persen ke 3.236,36, dan indeks Straits Times menurun 2,25 atau 0,09 ke 2.535,14.

Baca juga: Saham Australia dibuka menguat meskipun ada tekanan bank
Baca juga: PLN pasok listrik tambang emas Doup milik J Resources

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Apep Suhendar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

IHSG menguat ikuti naiknya bursa dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar