Polda Sumsel arahkan Operasi Zebra tegakan disiplin protokol kesehatan

Polda Sumsel arahkan Operasi Zebra tegakan disiplin protokol kesehatan

Ilustrasi - Operasi Zebra. ANTARA.

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menggelar Operasi Zebra Musi pada 26 Oktober sampai dengan 5 November 2020 untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan antisipasi penyebaran COVID-19.

Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Juni di Palembang, Senin, mengatakan untuk melakukan operasi tersebut, pihaknya menyiapkan ribuan personel di seluruh jajaran 17 kabupaten/kota didukung sarana prasarana pendukung lainnya, sehingga operasi tersebut dapat berjalan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Melalui Operasi Zebra Musi Tahun 2020 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang kondusif di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Operasi Zebra Kakorlantas ajak warga disiplin taati prokes

Operasi saat ini berbeda dengan operasi tahun-tahun sebelumnya karena beberapa faktor, seperti merebaknya wabah COVID-19, sehingga petugas juga berupaya menegakkan disiplin protokol kesehatan bagi pengendara kendaraan bermotor.

Dalam melaksanakan tindakan represif harus selektif prioritas dengan mengutamakan penindakan terhadap pelanggaran, seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi mobil tidak memakai sabuk pengaman (safety belt), menggunakan gawai saat berkendara, dan mengendarai kendaraan melawan arus.

Sedangkan bagi petugas di lapangan diminta untuk melaksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab, mengedepankan sikap senyum sapa dalam melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas, baik yang bersifat teguran maupun penilangan.

Baca juga: Polda Metro siapkan skenario pengaturan lalin saat libur panjang

Baca juga: Kakorlantas lepas tim Operasi Zebra amankan libur panjang


Selanjutnya, menjaga keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan berbuat negatif terhadap Polri, serta memegang teguh protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak fisik (phsycal distancing) antisipasi penularan COVID-19.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan berkaitan dengan masih mewabahnya COVID-19, ujar Dirlantas.
#satgascovid19
#ingatpesenibupatuhiprontokolkesehata

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Operasi Zebra, Satlantas Polres Pandeglang sasar pengendara tak pakai masker

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar