Polresta Cirebon dirikan pos pengamanan selama "long weekend"

Polresta Cirebon dirikan pos pengamanan selama "long weekend"

Anggota personel gabungan saat mengikuti apel pengamanan libur panjang akhir pekan di Mapolresta Cirebon. ANTARA/Ho Humas Polresta Cirebon.

Cirebon (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, mendirikan pos pengamanan dan menerjunkan ratusan personel selama libur panjang akhir pekan "long weekend" upaya meminimalkan kejadian kejahatan serta mencegah penyebaran COVID-19.

"Selama libur panjang ini, kita dirikan beberapa pos pengamanan di sejumlah titik," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi di Cirebon, Senin.

Syahduddi mengatakan selama masa libur panjang akhir pekan diprediksi adanya peningkatan aktivitas masyarakat, seperti mudik ke kampung halaman, mengunjungi obyek wisata, pusat perbelanjaan dan kuliner, serta kegiatan keagamaan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Polda Metro siapkan skenario pengaturan lalin saat libur panjang

Dia melanjutkan potensi kerawanan yang muncul akibat meningkatnya aktivitas masyarakat di masa pandemi, seperti sekarang ialah munculnya kluster penyebaran COVID-19.

"Selain itu, arus lalu lintas di wilayah hukum Polresta Cirebon juga diperkirakan meningkat dan dari potensi-potensi itu kami sudah menyiapkan langkah antisipasinya, yakni meningkatkan pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan dengan melibatkan Satgas," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi, maka Polresta Cirebon mendirikan pos pengamanan untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan di jalur tol maupun non tol.

Baca juga: Banyumas berupaya cegah klaster COVID-19 saat libur panjang

Syahduddi menyebutkan ada tiga pos pam yang disiapkan di jalur tol, di antaranya GT Palimanan Tol Cipali, Rest Area KM 229 jalur A dan Jalur B Tol Pejagan - Kanci.

"Untuk di jalur non tol, kami siapkan empat pos pengamanan, yakni di Palimanan, Weru, Kancidan Losari. Nantinya di pos-pos tersebut akan disiagakan personel gabungan dari instansi lain juga," kata Syahduddi.

Jumlah petugas yang terlibat dalam pengamanan libur panjang akhir pekan kali ini ujar Syahduddi, mencapai 828 anggota, terdiri dari personel Polresta Cirebon, Kodim 0620, Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD Kabupaten Cirebon, Tagana, Basarnas dan lainnya.

Baca juga: Polda Banten perketat pengawasan protokol kesehatan saat libur panjang

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polresta Cirebon ubah lapangan tembak jadi lahan produktif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar