Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah sejumlah pemerintah daerah untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 pada libur panjang pekan ini.

"Saya mengapresiasi langkah pemda tersebut dan diharapkan upaya pemda dapat efektif mencegah kepadatan dan terjadinya kerumunan orang di masing-masing tempat wisata di tiap daerah pada libur panjang pekan ini," ujar dia dalam keterangan pers di Jakarta Senin.

Bamsoet mengatakan sejumlah pemda telah membuat sejumlah kebijakan seperti membatasi jumlah wisatawan dan meningkatkan patroli protokol kesehatan, hingga melakukan tes cepat COVID-19 kepada wisatawan.

Dia berharap, langkah itu mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 yang tidak terkendali di tempat-tempat wisata, mengingat kedatangan para wisatawan dari luar daerah secara tak terkendali akan meningkatkan kasus COVID-19.

Dia juga mendorong pemda bekerja sama dengan aparat keamanan tempat wisata untuk menertibkan wisatawan/pengunjung agar patuh terhadap kebijakan yang ada, seperti melaksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan menjaga jarak di setiap area tempat wisata, sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru penyebaran COVID-19 yang berasal dari tempat-tempat wisata.

Selain itu, dia mendorong pemda untuk meminta pengusaha tempat wisata agar memastikan jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata dibatasi maksimal 50 persen sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar pra-adaptasi kebiasaan baru (PSBB pra-AKB) serta memastikan keamanan kawasan wisata saat melonjaknya wisatawan pada libur panjang.

"Saya juga mendorong pemda dapat menegakkan aturan secara tegas bagi pengusaha/pengelola wisata yang tidak mengikuti/mematuhi aturan yang ditetapkan, seperti dengan menghentikan sementara kawasan wisata, sebagai upaya pemda dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus baru COVID-19," ujarnya.

Kepada setiap wisatawan/pengunjung, Bamsoet meminta agar seluruhnya senantiasa mematuhi aturan atau kebijakan yang ada, seperti disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 serta memastikan dirinya sehat sebelum bepergian saat libur panjang akhir pekan.

Baca juga: Warga Jakpus diimbau jalankan protokol kesehatan saat libur panjang
Baca juga: Polda Sumbar ajak masyarakat patuhi protokol saat libur panjang

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020