counter

"Emak Ingin Naik Haji" Dominasi Nominasi Terpuji FFB

"Emak Ingin Naik Haji" Dominasi Nominasi Terpuji FFB

Bandung, 1/4 (ANTARA) - Film "Emak Ingin Naik Haji" produksi Mizan Production & Smaradhana Pro mendominasi nominasi Festival Film Bandung (FFB) dengan menempatkan sembilan nominator dari dua belas kategori nominasi terpuji yang dibacakan di kampus Unpad, Bandung, Kamis.

"Emak Ingin Naik Haji" menempatkan kategori nominator film terpuji, serta menempatkan Reza Rahadian sebagai nominator pemeran utama pria terpuji, Ati Kanser sebagai nominator pemeran utama wanita terpuji, dan Aditya Gumay sebagai nominator sutradara terpuji.

Selain itu film ini juga menempatkan Aditya Gumay dan Adenin Adlan sebagai nominator penulis skenario terpuji, Cesa David Lukmansyah dan Dhimas Adiputra sebagai nominator editor terpuji, Gunung Nusa Pelita sebagai nominator penata kamera terpuji, Herlim Lanang sebagai nominator penata artistik terpuji, dan nominator poster terpuji.

Film "Sang Pemimpi" membuntuti dengan menempatkan tujuh nominator dari daftar nominasi terpuji Festival Film Bandung ini yaitu, nominator film terpuji, Azwir Fitrianto sebagai nominator pemeran pembantu pria terpuji, Rieke Dyah Pitaloka sebagai nominator pemeran pembantu wanita terpuji, dan Riri Riza sebagai nominator sutradara terpuji.

Selain itu, "Sang Pemimpi" juga menempatkan Gusnar Nimpuno sebagai nominator penata kamera terpuji, Eros Efhin sebagai nominator penata artistik terpuji, dan Said Effendi sebagai nominator penata musik terpuji.

Menurut data dari FFB, nominator untuk film terpuji yaitu King, Ketika Cinta Bertasbih 1, Emak Ingin Naik Haji, Sang Pemimpi, dan Jamila dan Sang Presiden. Sedangkan nominator untuk sutradara terbaik yaitu Ari Sihasale (King), Chaerul Umam (Ketika Cinta Bertasbih 1), Aditya Gumay (Emak Ingin Naik Haji), Riri Riza (Sang Pemimpi), dan Sujiwo Tejo (Bahwa Cinta Itu Ada).

Selain itu, untuk kategori pemeran utama pria terpuji yaitu Doni Alamsyah (Merah Putih), Ringgo Agus Rahman (Janda Kembang), Reza Rahadian (Emak Ingin Naik Haji), Aryo Wahab (King), dan Vino G Bastian (Serigala Terakhir). Sedangkan nominator untuk kategori pemeran utama wanita terpuji yaitu Fanny Fabriana (Hari Untuk Amanda), Atiqa Hasiholan (Jamila dan Sang Presiden), Shareefa Daanish (Rumah Dara), Ati Kanser (Emak Ingin Naik Haji), dan Olivia Lubis Jensen (Bukan Cinta Biasa).

Menurut data dari FFB, total judul film yang dinilai pada Festival Film Bandung 2010 berjumlah 79 film nasional, 100 film impor, dan 342 sinetron.

Para nominator itu akan dinilai oleh 21 juri, di antaranya Sutarjo, Yacob Sumarjo,Saini KM, Eddy D Iskandar,Ratna Juwita, Rosid G Abi,Yus R Ismail, dan Arditia Danu Subroto.

Pembacaan para terpuji itu akan dilakukan pada malam puncak Festival Film Bandung pada 23 April.

FFB mengadakan Festival Film Bandung untuk merayakan ulang tahun Kota Bandung setiap tanggal 1 April. "Sedangkan malam puncak sengaja diadakan tanggal 23 April karena saat ini FFB berusia 23 tahun," kata Ketua Festival Film Bandung Edison Nainggolan.
(T.KR-IP/S018/P003)

Pewarta: mansy
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar