Pada tanggal 29 Oktober 2020 adalah hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji menerangkan cuti yang dimaksud dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri yang beredar terkait dengan hari libur nasional dan cuti bersama pada Rabu (28/10) hingga Minggu (30/10).

"Dalam SKB tersebut, pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 adalah cuti bersama Maulid Nabi Muhammad saw.," kata Dwi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (27/10).

Pada tanggal 29 Oktober 2020 adalah hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.

Baca juga: Bank Mandiri operasikan 133 cabang untuk layanan terbatas cuti bersama

Dwi menerangkan bahwa SKB resmi yang menjadi acuan cuti bersama dan libur nasional tahun 2020 adalah SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB No. 440/2020, 03/2020, 03/2020 yang bisa dilihat pada situs jdih.menpan.go.id.

SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

Lebih lanjut, kata Dwi, cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan bagi ASN.

Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden No. 17/2020 tentang Cuti Bersama Pegawai ASN Tahun 2020.

Dengan cuti bersama dan libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. berpotensi terjadi mobilisasi masyarakat ke lokasi wisata.

Namun, Presiden Joko Widodo mengimbau agar momen ini tidak menjadi penyebab melonjaknya angka positif COVID-19.

Baca juga: ASN DKI diminta tak ke luar kota saat libur panjang

"Oleh sebab itu, ini perlu kita bicarakan agar kegiatan libur panjang dan cuti bersama ini jangan sampai berdampak pada kenaikan kasus COVID-19," ujar Presiden Jokowi pada keterangan persnya.

Namun, untuk warga yang memiliki kepentingan mendesak pada rentang waktu tersebut, diharapkan agar menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 juga menegaskan agar masyarakat menghindari kerumunan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020