KKP distribusikan 2,5 ton bibit rumput laut ke Karimunjawa

KKP distribusikan 2,5 ton bibit rumput laut ke Karimunjawa

Bibit rumput laut. ANTARA/HO-KKP

Hal ini sejalan dengan amanat dari Presiden Joko Widodo untuk menggenjot sektor usaha padat karya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendistribusikan 2,5 ton bibit rumput laut kepada pembudi daya di Desa Kemujan, Karimunjawa, Jawa Tengah dalam rangka membangun kembali perekonomian di daerah tersebut.

"KKP menyasar sektor usaha budi daya rumput laut dengan menyalurkan bantuan berupa bibit rumput laut kultur jaringan kepada pembudi daya," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal itu, ujar Slamet, sebagai bentuk akselerasi bantuan kepada masyarakat, terutama di sektor usaha produktif seperti usaha budi daya rumput laut, yang masih terus dilakukan oleh KKP guna meringankan beban masyarakat pelaku usaha budi daya.

Apalagi, menurut dia, budi daya rumput laut merupakan kegiatan budi daya sederhana dan efisien namun mampu menyerap cukup banyak tenaga kerja.

"Tentunya hal ini sejalan dengan amanat dari Presiden Joko Widodo untuk menggenjot sektor usaha padat karya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional," kata Slamet.

Slamet mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan oleh KKP merupakan bibit rumput hasil kultur jaringan yang memiliki kualitas baik seperti kandungan karagian yang lebih tinggi daripada rumput laut nonkultur jaringan serta memiliki laju pertumbuhan yang baik.

Ia mengingatkan bahwa dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bibit rumput laut tersebut, pemilihan lahan dengan potensi tinggi serta penerapan cara budi daya yang baik, pembudi daya akan mendapatkan hasil produksi dan keuntungan yang maksimal.

Slamet juga menyarankan pembudi daya agar dapat memanfaatkan tenaga penyuluh, tim teknis UPT dan dinas perikanan setempat untuk menggali ilmu dan petunjuk teknis agar kegiatan budi daya dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

"Telah menjadi komitmen pemerintah untuk memastikan proses produksi budi daya dan dukungan kepada masyarakat dapat terus berjalan. Dengan pelayanan yang kami berikan, masyarakat pembudi daya diharapkan dapat tetap sejahtera sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik," ucapnya.

Sebagai informasi, hingga Oktober 2020 KKP telah menyalurkan bantuan bibit rumput laut sebanyak 135 ton kepada 103 kelompok pembudi daya di sebanyak sembilan provinsi dengan total nilai bantuan mencapai Rp2,15 miliar.

Baca juga: KKP hasilkan bibit unggul komoditas rumput laut
Baca juga: Potensi rumput laut di NTT capai 15 juta ton
Baca juga: KKP kembangkan kemasan dari rumput laut guna kurangi sampah plastik

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Badan Karantina Pertanian lepas ekspor produk pertanian olahan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar