Liga 1 Indonesia

Pelatih Persib beri sinyal liga akan dilanjutkan pada 1 Januari

Pelatih Persib beri sinyal liga akan dilanjutkan pada 1 Januari

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.

... ada indikasi yang kami dapatkan dari manajemen bahwa liga akan berlanjut pada Januari
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persib Bandung Robert Rene  Alberts memberi sinyal bahwa kompetisi Liga 1 Indonesia kemungkinan besar akan dilanjutkan pada 1 Januari mendatang dan format akan berubah.

"Tentunya kami masih menunggu berita resmi. Tapi ada indikasi yang kami dapatkan dari manajemen bahwa liga akan berlanjut pada Januari," ujar Robert Alberts dikutip dari laman resmi klub, Selasa.

Dalam rencana awal, PSSI dan PT LIB memiliki tiga opsi penyelenggaraan, pertama menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Baca juga: Menpora mafhum alasan kompetisi Liga Indonesia harus digelar

Jika tanggal 1 November tidak diizinkan, PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020. Ini semua PSSI lakukan karena aspirasi klub yang ingin kompetisi kembali digelar.

Akan tetapi, kalau harus dimulai pada 1 Januari 2021 kompetisi amat mungkin digelar di dua wilayah karena keterbatasan waktu. Sebab pada Mei-Juni 2021 PSSI punya hajatan besar, yakni Piala Dunia U-20.

Baca juga: Pelatih Persib minta PSSI cermat ambil kebijakan soal opsi dua wilayah

Menanggapi hal tersebut, Robert tak keberatan meski durasi kompetisi akan semakin singkat. Pasalnya, kelanjutan kompetisi ini demi persiapan timnas Indonesia yang akan menghadapi Piala Dunia U-20.

"Tapi setidaknya harus ada kompetisi karena dunia sudah mulai bermain sepak bola dan kita juga harus melakukannya. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di tahun depan," kata dia.

Persib tetap menjalankan latihan bersama, meski kini tak seintens saat kompetisi dijadwalkan berlangsung pada Oktober. Mereka hanya menjalani latihan bersama tiga hari dalam sepekan, sisanya pemain diberikan menu latihan mandiri.

Baca juga: Persib Bandung hanya gelar latihan tiga kali dalam sepekan

Pada Selasa, Supardi dan kawan-kawan kembali berlatih bersama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).Robert Alberts memberikan porsi latihan dengan tensi tinggi.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, latihan dengan tensi tinggi ini sangat diperlukan untuk tetap menjaga motivasi dan ketahanan fisik para pemain.

"Ya, hari ini kami berlatih dengan tensi tinggi. Melalui small side game, pemain dituntut untuk bekerja keras dengan terus bergerak selama sesi berlangsung," kata dia.

Baca juga: Meski Liga 1 ditunda, Pemkot Bandung percepat audit Stadion GBLA

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Bandung izinkan Persib gelar pertandingan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar