TikTok dan Telkomsel kolaborasi tingkatkan literasi digital

TikTok dan Telkomsel kolaborasi tingkatkan literasi digital

TikTok dan Telkomsel kolaborasi tingkatkan literasi digital. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Platform video singkat TikTok bersama perusahaan telekomunikasi Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis guna meningkatkan pengalaman penggunaan internet yang nyaman dan positif bagi generasi muda, khususnya pengguna TikTok dan Telkomsel.

"Kami berkomitmen untuk menjaga komunitas kami tetap aman dan nyaman. Kerja sama ini dapat memungkinkan pengguna Telkomsel untuk mengekspresikan diri mereka di TikTok, dan sekaligus menjadi upaya untuk mendukung literasi digital," ujar Director of Business Development, TikTok SEA, Vanessa Brown, dalam konferensi pers virtual, Selasa.

Hal senada juga diungkapkan Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto, yang mengatakan bahwa kemitraan bersama TikTok yang tidak hanya bersifat kolaborasi secara transaksi, namun juga merupakan kemitraan strategis beberapa bulan mendatang.

"Kami berkolaborasi menghadirkan internet yang nyaman dan aman untuk semua pengguna kami, pengguna Telkomsel dan pengguna TikTok. Ini menjadi momentum yang penting bagi pengguna masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kesadaran keamanan siber itu sendiri," ujar Adhi.

Baca juga: TikTok akan beri tahu alasan video dihapus

Baca juga: Perangi misinformasi, TikTok bermitra dengan ahli cek fakta


Kemitraan strategis TikTok dengan Telkomsel hadir melalui sebuah misi yaitu mendukung kreativitas anak muda di era digital salah satunya dengan ketersediaan kuota khusus TikTok di paket data Kuota Ketengan, UnlimitedMAX, dan Combo Sakti.

Upaya ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresi kreatif mereka melalui format video singkat di TikTok, dengan akses internet yang cepat dan terjangkau.

Selain itu, TikTok dan Telkomsel berkolaborasi dalam pelaksanaan webinar bertema literasi digital, termasuk meningkatkan pemahaman mengenai potensi kejahatan siber di era digital serta memberikan tips pada peserta untuk menjadi warga digital yang bijak.

Webinar ini akan diselenggarakan pada 5 November 2020 dengan melibatkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) dan pakar teknologi dan informasi, Onno W Purbo.

"Kolaborasi bersama tiktok juga menjadi upaya kami dalam rangka memperkuat fokus kami terhadap litersai digital di tengah masyarakat, termasuk tentang keamanan siber," ujar Adhi.

"Kesamaan visi dan misi antara telkomsel dan tiktok dalam memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan internet secara positif membuat kami antusias sekali menjalankan upaya kolaboratif ini," dia melanjutkan.

Lebih lanjut, Adhi mengatakan kolaborasi ini dapat membentuk ekosistem digital yang ramah bagi pengguna internet di seluruh Indonesia. Hal itu, menurut Adhi, menjadi bagian penting dari komitmen Telkomsel sebagai leading digital techno company, yang terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Telkomsel juga membuka pintu bagi para pemangku lainnya untuk menjalani upaya kolaboratif untuk bersama-sama menciptakan lebih banyak kolaborasi yang mampu meningkatkan literasi digital di tengah masyarakat.

"Kami berharap kolaborasi dengan tiktok ini dapat berlangsung dalam jangka panjang, menghasilkan lebih banyak inisiatif bersama dan tentu juga bisa memberikan manfaat yang luas kepada seluruh masyarakat," kata Adhi.

Sejalan dengan Telkomsel, keamanan dan kenyamanan pengguna menjadi prioritas utama TikTok.

Selain membekali pengguna dengan berbagai fitur keamanan, seperti akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung, TikTok juga mengadakan berbagai kerja sama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, antara lain tentang perundungan siber dan aman berinternet.

"Berharap kami tetap bisa melanjutkan, kontribusi positif lebih lagi untuk Indonesia, dalam hal peningkatan kreativitas, wadah kreativitas bagi masyarakat Indonesia, juga berkontribusi positif bagi literasi digital," ujar Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra.

"Karenanya, kami bermitra dengan Telkomsel, salah satu network terbesar di Indonesia, berharap voicenya makin didengar lagi, dan menjangkau lebih banyak user lagi," dia menambahkan.

Baca juga: BLACKPINK bakal sapa BLINK di "TikTok Stage with BLACKPINK"

Baca juga: Pakistan buka blokir TikTok

Baca juga: TikTok tegaskan server terpisah dari ByteDance

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kompak, petugas medis dan pasien COVID-19 joget Tik Tok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar