Jakarta (ANTARA) - Bebasnya Melbourne dari lockdown COVID-19 telah meningkatkan harapan hadirnya penonton pada beberapa event olahraga utama di kota terbesar kedua di Australia tersebut.

Tim kriket putra Australia dijadwalkan akan menjamu India dalam tradisi tes Boxing Day di Melbourne Cricket Ground (MCG) mulai 26 Desember, sementara para petenis top dunia akan bermain pada Australian Open, Grand Slam pertama 2021, pada Januari.

Baca juga: Australia perbolehkan petenis berkompetisi di masa karantina

Restoran, pub, dan bisnis ritel di Melbourne, tempat tinggal 5 juta penduduk, akan dibuka kembali mulai Rabu setelah lebih dari tiga bulan di bawah lockdown yang ketat. Pihak berwenang juga akan mengizinkan kunjungan sosial terbatas ke rumah-rumah, demikian laporan Reuters, Selasa.

"Saya sangat yakin kami akan mendapat penonton di 'G (MCG) untuk tes Boxing Day," kata perdana menteri negara bagian Victoria Daniel Andrews kepada wartawan.

"Saya tidak tahu akan seberapa banyak tapi akan ada penonton di sana."

Baca juga: Penguncian ketat Melbourne akan berkurang
Baca juga: Australia menuju jumlah kasus terendah dalam tiga bulan


"Itu lah anjuran yang saya dapatkan dan itu lah yang sedang kami upayakan."

MCG yang berkapasitas 100.000 tempat duduk menarik lebih dari 80.000 penggemar pada hari pertama tes Boxing Day Australia melawan Selandia Baru tahun lalu.

Induk organisasi Kriket Australia belum mengkonfirmasi tanggal untuk kandang musim panas tersebut namun tes pertama dari seri empat pertandingan melawan India diperkirakan akan dimulai di Adelaide pada 17 Desember.

Australia Open akan dimulai 18 Januari dan penyelenggara berharap dapat menyambut sedikitnya 100.000 penonton domestik, hanya lebih 10 persen dari penonton biasanya, ke Melbourne Park selama turnamen dua pekan tersebut.
 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020