Jakarta (ANTARA) - Joao Felix mengukir dwigol untuk membawa Atletico Madrid bangkit dari ketinggalan dan menang 3-2 atas tamunya Salzburg di pertandingan putaran kedua Grup A Liga Champions 2020/2021 yang dimainkan di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Selasa setempat atau Rabu dini hari WIB.

Rojiblancos memimpin terlebih dahulu melalui gol Marcos Llorente (29'), sebelum Dominik Szoboszlai (40') menyamakan kedudukan untuk Salzburg.

Salzburg berbalik memimpin melalui Mergim Berisha (47'), kemudian Joao Felix (52' dan 85') menyamakan kedudukan dan membawa Atletico bangkit, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu membawa Atletico menduduki posisi kedua di klasemen Grup A dengan koleksi tiga poin. Sedangkan Salzburg berada di posisi ketiga dengan satu poin.

Baca juga: Manchester City cukur Marseille tiga gol tanpa balas

Peluang pertama pada laga tersebut didapat oleh tuan rumah Atletico. Joao Felix mematahkan perangkap offside Salzburg, kemudian melepaskan sepakan salto yang membentur mistar gawang.

Atletico kemudian mampu memecah kebuntuan melalui gol Llorente. Ia bergerak maju dan melepaskan tembakan mendatar tanpa dapat dihalau kiper Cican Stankovic.

Keunggulan satu gol membuat Atletico semakin bersemangat. Sejumlah umpan silang mereka merepotkan barisan pertahanan Salzburg. Berkali-kali pula kiper Stankovic harus berjibaku mempertahankan gawangnya.

Namun, Salzburg berhasil menyamakan kedudukan menjelang turun minum. Szoboszlai mendapat umpan dari Mergim Berisha di tepi kanan kotak penalti, dan tembakan keras pemain Hungaria itu meluncur melewati kiper Jan Oblak.

Baca juga: Shakhtar Donetsk tahan imbang Inter Milan dengan skor kacamata

Saat babak kedua baru bergulir dua menit, gawang Atletico kembali kemasukan. Berisha yang tidak terkawal menerima umpan silang mendatar dari Ulmer, untuk kemudian diteruskan masuk gawang tuan rumah.

Keunggulan Salburg tidak bertahan lama. Diawali pergerakan dari sisi kiri, Joao Felix mengirim bola kepada Luis Suarez yang berhasil mematahkan perangkap offside, dan pemain Uruguay itu mengumpankan kembali bola kepada Felix untuk dimasukkan ke gawang yang kosong.

Setelah itu Atletico secara bertahap mampu mengembangkan permainan dan menciptakan banyak peluang. Sedangkan Salzburg dipaksa tampil bertahan.

Kerja keras Atletico terbayar menjelang laga usai. Tendangan sudut di sisi kanan disapu dengan tidak sempurna oleh pertahanan Salzburg, bola dikuasai Lemar yang mengirim bola kembali ke kotak penalti dan jatuh ke Felix, yang memiliki waktu untuk mengendalikan bola sebelum menembakkannya ke gawang lawan.

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak, Kieran Trippier, Stefan Savic, Felipe, Renan Lodi (Mario Hermoso 82'), Angel Correa, Koke, Hector Herrera (Lucas Torreira 82'), Marcos Llorente, Joao Felix, Luis Suarez (Thomas Lemar 82')
Pelatih: Diego Simeone

RB Salzburg (4-4-2) Cican Stankovic, Rasmus Kristensen, Andre Ramalho Silva, Maximilian Woeber (Jerome Onguene 63'), Andreas Ulmer, Enock Mwepu, Mohamed Camara, Zlatko Januzovic (Majeed Ashimeru 63'), Dominik Szoboszlai, Patson Daka (Sekou Koita 30' (Noah Okafor 84')), Mergim Berisha
Pelatih: Jesse March

Baca juga: Bayern susah payah bawa pulang kemenangan 2-1 dari markas Lokomotiv
Baca juga: Presiden Barca Josep Maria Bartomeu resmi mengundurkan diri

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020