Liga Champions

Dwigol Duvan Zapata selamatkan Atalanta dari kekalahan kontra Ajax

Dwigol Duvan Zapata selamatkan Atalanta dari kekalahan kontra Ajax

Penyerang Atalanta Duvan Zapata (tengah) merayakan gol pertamanya ke gawang Ajax dalam laga kedua Grup D Liga Champions di Stadion Atleti Azzuri d'Italia, Bergamo, Italia, Selasa (27/10/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria)

Jakarta (ANTARA) - Dwigol yang dicetak Duvan Zapata menyelamatkan Atalanta dari kekalahan kontra Ajax dalam laga kedua Grup D Liga Champions yang berakhir 2-2 di Stadion Atleti Azzuri d'Italia, Bergamo, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Dwigol Zapata itu mengamankan satu poin bagi Atalanta setelah mereka sempat tertinggal lebih dulu akibat penalti Duvan Zapata dan Lassina Traore di babak pertama, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu membuat Atalanta melorot ke urutan kedua dengan koleksi empat poin, lantaran Liverpool (6) meraih kemenangan di pertandingan lain, sedangkan Ajax (1) tak beranjak dari posisi ketiga.

Baca juga: Ditaklukkan Sampdoria, Atalanta telan kekalahan kedua beruntun di liga
Baca juga: Ajax bukukan rekor kemenangan paling telak usai cukur VVV Venlo 13-0

Ajax yang baru saja memecahkan rekor kemenangan Liga Belanda akhir pekan kemarin memulai pertandingan dengan baik, tetapi peluang pertama mereka lewat Traore masih bisa dihalau oleh Berat Djimsiti dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Permainan terbuka diperlihatkan kedua tim dan Ajax memperoleh keuntungan ketika Robin Gosens mengangkat kaki terlalu tinggi di hadapan Traore untuk menghalau umpan silang Tadic, yang membuat wasit Damir Skomina tak punya pilihan selain menunjuk titik putih.

Tadic menghadapi bola dengan tenang untuk melesakkannya ke pojok kanan atas demi membuka keunggulan Ajax pada menit ke-30.

Delapan menit kemudian, Traore menggandakan keunggulan Ajax dengan menyambar bola muntah hasil tembakan David Neres yang tak dihentikan sempurna oleh kiper Marco Sportiello.

Pada menit ke-52, Sportiello melakukan penyelamatan penting untuk tetap menjaga peluang Atalanta di pertandingan itu dengan menghentikan tembakan Perr Schuurs.

Baca juga: Atalanta pesta gol 4-0 ke gawang Midtjylland
Baca juga: Gol bunuh diri Tagliafico buat Liverpool curi poin penuh dari Ajax


Dua menit kemudian, Zapata memangkas ketertinggalan Atalanta dengan sundulan sempurna menyambut umpan silang Alejandro Gomez.

Zapata tak butuh waktu lama untuk mencetak gol keduanya, pada menit ke-60, penyerang asal Kolombia itu melepaskan tembakan keras yang tak memberi kesempatan kiper Andre Onana melakukan penyelamatan. Atalanta dua, Ajax dua.

Kedua tim berusaha untuk mencari gol penentu kemenangan, tetapi tembakan Antony Matheus bisa dihentikan Sportiello sedangkan sepakan Ruslan Malinovskiy mampu diamankan oleh Onana, sehingga skor 2-2 bertahan hingga bubaran.

Pekan depan, di laga ketiga Atalanta akan menjamu Liverpool sedangkan Ajax bertandang ke Denmark menghadapi FC Midtjylland.

Baca juga: Joao Felix ukir dwigol untuk bantu Atletico menang 3-2 atas Salzburg
Baca juga: Manchester City cukur Marseille tiga gol tanpa balas


Susunan pemain:

Atalanta (3-4-2-1): Marco Sportiello; Rafael Toloi, Cristian Romero, Berat Djimsiti; Hans Hateboer, Mario Pasalic, Remo Freuler, Robin Gosens; Josip Ilicic (Ruslan Malinovskyi), Alejandro Gomez (Luis Muriel); Duvan Zapata
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui (Sean Klaiber), Perr Schuurs, Daley Blin, Nicolas Tagliafico; Davy Klaassen, Dusan Tadic, Ryan Gravenberch; Antony Matheus (Zakaria Labyad), Lassina Traore, David Neres (Quincy Promes)
Pelatih: Erik ten Hag

Baca juga: Shakhtar Donetsk tahan imbang Inter Milan dengan skor kacamata
Baca juga: Bayern susah payah bawa pulang kemenangan 2-1 dari markas Lokomotiv

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar