Menperin: Semangat Sumpah Pemuda jadi momentum pembangunan industri

Menperin: Semangat Sumpah Pemuda jadi momentum pembangunan industri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. ANTARA/HO-Aspri.

Tahun-tahun mendatang Indonesia akan mengalami bonus demografi, dengan pemuda-pemuda produktif akan mendominasi penduduk Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa semangat memperingati Hari Sumpah Pemuda dapat menjadi momentum dalam pembangunan industri nasional.

"Semangat Sumpah Pemuda selalu terefleksi dalam pembangunan industri, tahun-tahun mendatang Indonesia akan mengalami bonus demografi, dengan pemuda-pemuda produktif akan mendominasi penduduk Indonesia," ujar Menperin kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden: Bersatu dan bekerja sama kunci Indonesia maju

Agus menyampaikan bonus demografi adalah langkah penting bagi Kementerian Perindustrian untuk menyiapkan SDM industri yang kompeten dan berdaya saing untuk mendorong percepatan hilirisasi industri demi program substitusi impor.

"Lebih lanjut, dengan situasi pandemi ini, saya juga tak bosan-bosan mengingatkan agar para pemuda kita jadi contoh untuk mengkampanyekan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak)," ungkap Menperin.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa pemuda menjadi kekuatan pendorong di setiap perubahan.

Hal itu disampaikan Menko Perekonomian lewat media sosial Instagram pribadinya untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Rabu ini.

"Pemuda berperan besar membangun peradaban bangsa. Di setiap perubahan yang dialami bangsa dan negara ini, pemuda ada di dalamnya. Pemuda menjadi kekuatan pendorong di setiap perubahan," kata Airlangga.

Ketua Umum Partai Golongan Karya tersebut menyampaikan dalam setiap perubahan, dalam setiap kondisi global yang berubah, tentu semua harus berubah dan semua harus belajar.

"Perubahan selalu membuat ketakutan. Dan jangan ketakutan memimpin kita. Learning untuk menyesuaikan kepada perubahan itulah yang memimpin kita," ujar Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga sebut pemuda jadi kekuatan pendorong perubahan
Baca juga: Menperin: Revolusi Industri 4.0 tuntut SDM industri cepat beradaptasi


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Perangi hoaks dengan gerakan Kawan Vaksin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar