Saham Aussie ditutup menguat, hentikan penurunan empat hari beruntun

Saham Aussie ditutup menguat, hentikan penurunan empat hari beruntun

Ilustrasi - Bendera nasional Australia dengan tampilan besar harga pasar harian, pasar saham Australia. ANTARA/Shutterstock/pri.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu, menghentikan penurunan selama empat hari berturut-turut di tengah kemerosotan pasar global.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 6,70 poin atau 0,11 persen menjadi 6.057,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 15,30 poin atau 0,25 persen pada 6.262,50 poin.

Indeks acuan telah jatuh sebanyak 0,50 persen pada awal perdagangan. "Ini mengikuti nada yang umumnya lebih lemah di pasar AS dan Eropa karena kasus COVID-19 global terus meningkat," kata analis pasar CommSec, James Tao.

Namun, keuntungan dari teknologi informasi, kebutuhan pokok konsumen, dan perawatan kesehatan membantu mengangkat pasar lebih tinggi.

"Kerugian di antara sektor keuangan dan energi secara luas diimbangi oleh keuntungan di sektor teknologi, kebutuhan pokok konsumen dan perawatan kesehatan," kata Tao.

Sektor teknologi meningkat paling pesat setelah pembaruan triwulanan dari Afterpay. Penyedia jasa beli sekarang bayar kemudian itu melonjak 7,28 persen karena penjualan dasarnya mencapai 4,1 miliar dolar Australia (2,93 miliar dolar AS) pada kuartal September.

Di bidang keuangan, bank-bank besar merosot dengan Commonwealth Bank turun 0,44 persen, National Australia Bank turun 1,10 persen, Westpac Bank turun 1,35 persen dan ANZ turun 1,74 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP turun 0,49 persen, Rio Tinto turun 0,39 persen, Fortescue Metals naik 1,67 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,82 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 2,84 persen, Santos turun 1,96 persen dan Woodside Petroleum turun 1,56 persen.

Supermarket terbesar Australia melonjak dengan Coles naik 2,73 persen dan Woolworths naik 1,85 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menyusut 0,37 persen, operator nasional Qantas jatuh 1,56 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,84 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir merosot saat kasus virus global melonjak
Baca juga: Saham Aussie dibuka merosot di tengah kekhawatiran COVID-19 global
Baca juga: Saham Aussie ditutup melemah terseret penambang utama dan perbankan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar