di rata-rata minggu ini kami melayani 16 ribu penumpang per hari
Sidoarjo (ANTARA) -
Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur memperketat protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona atau CCOVID-19 selama pelaksanaan libur panjang sejak tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2020.
 
PTS General Manager Bandar Udara Internasional Juanda MMA. Indah Preastuty Rabu mengatakan selama periode libur panjang akhir pekan ini, Bandar Udara Internasional Juanda mengantisipasi peningkatan jumlah pergerakan penumpang terutama terkait penerapan protokol kesehatan di bandara.
 
"Program yang telah berjalan selama masa adaptasi kebiasaan baru tetap dijalankan dengan konsisten, seperti pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian, hingga pembentukan tim sinergi untuk patroli penerapan protokol kesehatan," katanya dalam keterangan pers.
 
Ia mengatakan, serangkaian upaya tersebut terus dijalankan termasuk di dalamnya seluruh mitra usaha menerapkan protokol kesehatan di area usahanya.
 
"Hal ini kami lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk bepergian kembali menggunakan pesawat udara dengan aman dan nyaman sesuai protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah," ucapnya.
Bandara Internasional Juanda Surabaya sendiri, kata dia, diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang saat libur panjang akhir pekan ini.
 
Ia mengatakan, selama tiga hari menjelang libur panjang tercatat ada 16.574 penumpang pada Hari Sabtu (24/10), 16.563 di Hari Minggu (25/10), dan 15.652 pada Senin, (26/10). Puncak pergerakan diprediksi terjadi pada Rabu (28/10) sejumlah 17.591 penumpang.
 
Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya pada jumlah hari yang sama, maka terlihat terjadi peningkatan sejumlah 16 persen atau dari 41.911 penumpang pada tanggal 17 hingga 19 Oktober menjadi 48.789 pada tanggal 24 hingga 26 Oktober.
 
"Sehingga, jika di rata-rata minggu ini kami melayani 16 ribu penumpang per hari, sementara pada pekan lalu kami melayani 13 ribu penumpang," katanya.

Baca juga: Bandara Juanda terapkan protokol kesehatan di area komersial

Baca juga: Bandara Juanda siap terapkan pelayanan new normal

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020