Wamendag ajak generasi muda Maluku jadi wirausaha

Wamendag ajak generasi muda Maluku jadi wirausaha

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyerahkan bantuan gerobak dan tenda kepada salah seorang wirausaha muda Maluku, bertepatan peringatan Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, di Ambon, Rabu (28/10). (Foto Antara/Jimmy Ayal)

Ambon (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengajak generasi muda di provinsi Maluku untuk mengembangkan kreativitas diri sehingga tampil sebagai wirausaha muda.

"Generasi muda di Maluku harus bisa memanfaatkan era revolusi industri 4.0 untuk mengembangkan kreativitasnya menjadi wirausaha muda," katanya Wamendag pada diskusi publik memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 di Ambon, Rabu.

Baca juga: Wamendag: Tidak mungkin menutup diri dari perdagangan luar negeri

Baca juga: Wamendag pastikan tak ada negosiasi dagang tertunda akibat pandemi


Dalam diskusi publik bertema "Optimalisasi Peran Pemuda dalam Menghadapi Era Industri 4.0," Wamendag Jerry menegaskan revolusi berdampak produksi dan konsumsi lebih terintegrasi melalui penggunaan teknologi wireless dan big data secara masif dan kompetitif.

Karena itu, katanya, kalangan generasi muda dituntut memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk mengembangkan kreativitasnya

"Era revoluasi industri kita harus memacu diri lebih baik. Jangan berhenti berkompetisi, harus terus memacu diri," katanya.

Dia juga mengajak generasi muda di Maluku untuk merambah pasar ekspor dengan mengoptimalkan pengolahan produk khas Maluku dengan kemasan menarik, serta memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk pemasaran.

"Produk lokal itu ada di daerah yang lebih tahu juga orang di daerah, kembangkan itu. Pemda dan Kemendag terus mendorong melalui bimbingan dan pelatihan agar produk daerah dapat menembus pasar ekspor," katanya.

Menurutnya, Kementerian Perdagangan saat ini memiliki badan ekspor, selain atase perdagangan yang tersebar di sejumlah negara, sehingga lebih mempermudah pemasaran dan ekspor berbagai produk unggulan daerah ke luar negeri.

Baca juga: Wamendag: ekspor kelapa sawit masih kondusif di tengah pandemi

Generasi muda Maluku juga diajak tidak sekedar menyukai permainan game, tetapi mampu berkreasi menciptakan jenis permainan baru dan menjadi sumber pendapatan.

"Jangan cuma main game, tetapi ciptakan juga jenis permainan baru sehingga memberikan keuntungan berlipat ganda. Saya yakin anak muda Maluku mampu menciptakannya," katanya.

Sejauh ini, menurut Jerr, Maluku ikut berkontribusi besar terhadap neraca perdagangan Indonesia terutama dari sektor perikanan dan kelautan. Berdasarkan data badan Pusat Statistik (BPS) hingga September 2020 mengalami surplus 13,51 miliar dolar AS.

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno berharap generasi muda di Maluku yang diwadahi dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) maupun OKP memanfaatkan peringatan Sumpah Pemuda untuk berjuang bersama pemerintah membangun bangsa dan negara.

Dia berharap kehadiran Wamendag Jerry Sambuaga dalam peringatan Sumpah Pemuda menjadi momentum kebangkitan ekonomi Maluku yang diprakarsai wirausaha muda Maluku.

Baca juga: Wamendag ajak pengusaha Indonesia manfaatkan IA-CEPA

Baca juga: Wamendag ajak dunia usaha optimistis lihat peluang di pasar global

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dorong ekspor, Wamendag petakan potensi produksi Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar