Menparekraf harap saluran TV SEA Today turut promosikan pariwisata RI

Menparekraf harap saluran TV SEA Today turut promosikan pariwisata RI

Acara "Soft Launching SEA Today" di Gedung STO Telkom, Jakarta Pusat, Rabu (28/10/2020). ANTARA/HO-Birkom Kemenparekraf

SEA Today bisa menjadi sarana mempromosikan Indonesia (terutama) pariwisata dan ekonomi kreatifnya dengan cara yang kekinian
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengapresiasi peluncuran saluran televisi berita SEA Today dan diharapkan turut memberitakan dan mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"SEA Today bisa menjadi sarana mempromosikan Indonesia (terutama) pariwisata dan ekonomi kreatifnya dengan cara yang kekinian," katanya dalam acara Soft Launching SEA Today  di Gedung STO Telkom, Jakarta Pusat, Rabu.

Baca juga: Menparekraf: "Virtual show" bisa promosikan kreativitas dan turisme

Wishnutama mengatakan SEA Today diharapkan mampu menyampaikan informasi-informasi yang baik mengenai Indonesia ke masyarakat di kawasan Asia Tenggara dan juga dunia internasional.

"Diharapkan kanal ini dapat menjadi perpanjangan informasi mengenai potensi alam, budaya, dan ekonomi kreatif yang dapat menarik minat wisatawan hingga investor asing. Tantangannya ke depan adalah bagaimana kita mengemas materi tersebut menjadi sebuah konten komunikasi yang menarik untuk disampaikan," katanya.

Acara ini juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PT Telkom Ririek Ardiansyah, dan Komisaris Utama PT Telkom Rhenald Kasali.

Menurut Wishnutama, Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan dan keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang dapat dipromosikan oleh SEA Today.

Indonesia juga memiliki keanekaragaman di berbagai subsektor lainnya dari pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti di sisi kuliner.

"Jajanan pasar Indonesia saja kalau kita kemas baik bisa menjadi konten yang sangat menarik," ungkap Wishnutama.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan SEA Today diharapkan bisa menjadi media yang dapat menyebarkan dan membangun citra positif Indonesia di mata dunia.

"Media yang baik adalah media yang bisa memberikan inspirasi dan persepsi yang baik, terutama meningkatkan citra Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Selain itu, Erick juga berharap SEA Today dapat menjadi jalan bagi kaum milenial di Tanah Air untuk berkarya, berinovasi, dan berkreasi.

"Sudah saatnya kita dipandang dunia, sudah saatnya kita bangkit, seperti para pemuda yang bangkit menyatukan Indonesia pada 28 Oktober 1928," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan pembangunan studio SEA Today direncanakan akan rampung pada akhir kuartal pertama 2021.

Selain itu, ia menuturkan SEA Today direncanakan akan didistribusikan ke mancanegara melalui kemitraan dengan media internasional.

"Rencananya SEA Today akan kami tayangkan di 10 negara, beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan," ucap Ririek.

Acara ini juga diisi dengan pemotongan tumpeng dan pemberian cendera mata berupa seragam SEA Today kepada Wishnutama dan Erick Thohir oleh perwakilan direksi PT Telkom.

Baca juga: Menparekraf ajak milenial manfaatkan platform digital garap parekraf
Baca juga: Kemenparekraf pertemukan pengusaha - investor tingkatkan pariwisata

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ubah strategi pariwisata, Kemenparekraf gandeng konsultan asing 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar