Jakarta (ANTARA News) - Aktor senior, Deddy Mizwar mengatakan perlu ada pembentukkan badan pengawas untuk mekanisme peredaran film di Indonesia. "Agar ada jaminan bagi bioskop-bioskop kelas bawah mendapat pasokan film lebih cepat," katanyadi Jakarta, Senin.

Deddy menuturkan pembentukkan badan pengawas film itu dimotori para pihak terkait antara lain pengusaha bioskop, importir, produser maupun pemerintah.

Deddy menjelaskan pihak terkait itu duduk bersama guna membahas regulasi dan aturan mengenai mekanisme, serta sistem peredaran film yang harus dipatuhi.

Pernyataan Deddy itu terkait cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perfilman di Indonesia.

Sementara itu, pelaku perfilman Indonesia yang juga produser film, Raam Punjabi menyatakan pemerintah harus turun tangan untuk meningkatkan perkembangan film yang ideal di tanah air.

Raam menyebutkan produk peredaran film di Indonesia masih rendah, sedangkan potensinya cukup besar sehingga perlu ada perluasan pemasaran termasuk penambahan jumlah layar untuk peredaran film.

Raam mengatakan tata edar film juga merupakan prioritas untuk mengembangkan industri perfilman khusus bioskop menengah ke bawah.

Raam menambahkan tata edar itu meliputi jadwal pertunjukan film di bioskop, pengaturan tentang penayangan film di bioskop, adanya jaminan bahwa film akan beredar di seluruh bioskop di Indonesia.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010