Jakarta (ANTARA) - Psikolog klinis Nirmala Ika mengatakan, ada sebuah penelitian yang mengatakan media sosial bisa semakin meningkatkan kecemasan yang sudah seseorang miliki, sehingga rehat sejenak dari teknologi ini termasuk di masa liburan panjang saat ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda jika tak ingin cemas atau stres.

Lalu bagaimana caranya? Dokter yang berfokus pada kesehatan mental, Kristen Fuller, punya tips untuk Anda yang ingin rehat sejenak dari dunia media sosial karena berbagai alasan misalnya merasa stres atau meningkat kecemasannya. termasuk di masa liburan panjang saat ini.

Kristen seperti dilansir Psychology Today mengatakan, tips ini seringkali juga dia terapkan dan biasanya ampuh. Berikut ulasannya:

1. Letakkan ponsel jauh dari jangkauan

Anda bisa menaruh ponsel di ruangan lain di rumah sehingga tak akan menjangkaunya. Terkadang Anda mungkin harus menjawab panggilan telepon cepat atau membalas email tetapi ketika itu menjadi kebiasaan, maka orang di sebelah Anda akan menjadi kesal.

Baca juga: Tips aman dan nyaman berinteraksi di sosial media

Baca juga: Lima hal untuk ciptakan konten menarik di medsos


2. Tetapkan batasan

Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang dapat melacak waktu bermedia sosial Anda, membantu memantau serta mengontrol berapa banyak waktu yang Anda habiskan di Facebook dan Instagram.

Tetapkan batas waktu, mungkin satu jam di pagi hari atau satu jam di malam hari untuk melihat media sosial. Jika ini gagal, unduh aplikasi untuk membantu Anda menetapkan batasan pada ponsel sehingga Anda mengambil istirahat yang sehat dari media sosial bisa menjadi pilihan.

3. Matikan notifikasi

Matikan semua notifikasi media sosial di ponsel Anda sehingga Anda tidak merasa terpicu untuk memeriksa Instagram atau Twitter setiap kali Anda menerima notifikasi baru. Anda juga dapat mengatur "desktop iPhone" Anda sehingga aplikasi favorit tidak menjadi hal pertama yang Anda lihat.

4. Setel zona bebas ponsel

Pilih area di rumah Anda yang aturannya tidak boleh menggunakan ponsel pintar seperti meja ruang makan selama makan atau di kamar tidur Anda sebelum Anda tidur karena cahaya bisa mengganggu tidur Anda.

5. Jadwalkan hari bebas media sosial

Mungkin setiap hari Minggu atau mungkin sepanjang akhir pekan bisa menjadi waktu Anda tidak memeriksa atau terlibat dalam akun media sosial Anda. Hari-hari bebas media sosial ini memungkinkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hobi dan menjadi produktif.

6. Hapus aplikasi media sosial dari ponsel pintar

Menghapus Facebook dan Instagram dari smartphone bisa menjadi pilihan karena ini artinya Anda hanya bisa memeriksa media sosial di komputer. Hal ini memungkinkan Anda hidup bebas sesaat dari media sosial dan bukannya terus-menerus merasakan dorongan untuk memeriksa ponsel pintar.

7. Tanggapi secara offline

Apakah Facebook baru saja memberi tahu hari ini adalah hari ulang tahun teman Anda? Lewati bagian "Selamat, ulang tahun!" dan unggahan ucapan selamat.

Jika seorang teman baru saja bertunangan, tahan keinginan untuk mengirim tweet atau pesan Facebook namun kirimkan kartu ucapan selamat karena ini akan lebih berarti bagi penerimanya.

Baca juga: Kiat jaga data pribadi saat bertransaksi digital dan bermedia sosial

Baca juga: Aktivitas telepon dan medsos dipantau BSSN? Ini penjelasannya

Baca juga: Kasus bunuh diri, pengaruh berita "tak sehat" dan media sosial

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020