Kominfo apresiasi platform digital dorong perkembangan UMKM

Kominfo apresiasi platform digital dorong perkembangan UMKM

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. ANTARA/HO-Kominfo/am.

UMKM maju dan platform berkembang agar ekonomi digital kita juga semakin berkembang
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengharapkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tumbuh dan berkembang di tengah pandemi virus corona dengan memanfaatkan platform digital untuk berbisnis.

Beberapa platform digital, termasuk media sosial seperti Facebook mengadakan insiatif selama pandemi virus corona melalui program yang mendorong pertumbuhan bisnis UMKM selama krisis ini.

"Pemerintah mendorong agar bisnis UMKM bertumbuh dan berkembang melalui digital dan platform juga berkembang di Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, kepada ANTARA, Kamis.

Kementerian mengapresiasi inisiatif-inisiatif tersebut, yang merupakan kerja sama bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. UMKM mendapatkan tambahan keterampilan dan pengetahuan dari pelatihan yang diadakan platform digital sehingga mereka siap untuk masuk ke dunia digital.

Baca juga: Bangkit dari pandemi lewat teknologi

Baca juga: Menkominfo lantik widyaiswara untuk transformasi digital sektor publik


Sementara bagi platform, semakin banyak pengguna mereka, akan memberikan dampak yang baik bagi platform tersebut.

"Pemerintah mendorong keduanya, UMKM maju dan platform berkembang agar ekonomi digital kita juga semakin berkembang," kata Johnny.

Pun dengan masuk ke platform digital, UMKM mendapat sarana baru untuk memasarkan produk mereka, selain melalui toko fisik.

Berkaitan dengan pasar digital, Kominfo mengharapkan lebih banyak UMKM yang migrasi ke digital agar bisnis lebih berkembang.

Pemerintah juga memberikan berbagai dukungan untuk UMKM agar mereka mampu bertahan saat kondisi pandemi COVID-19 ini, mulai dari insentif pajak, fasilitas pembiayaan hingga kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Yang terbaru, Kominfo mengadakan Digital Entrepreneurship Academy, bagian dari program Digital Talent Scholarship, berupa pelatihan memperkenalkan teknologi kepada pelaku UMKM sekaligus mendorong mereka untuk masuk ke platform digital untuk mengoptimalkan bisnis.

Pelatihan yang diberikan dalam program ini antara lain strategi berbisnis online, pemasaran digital dan cara membangun citra merk (brand image) yang kuat.

Baca juga: Kominfo dorong radio komunitas mendunia manfaatkan jaringan internet

Baca juga: Kominfo: "post truth" ganggu komunikasi publik selama pandemi

Baca juga: Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

NTB raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar