"Docking" kapal di Kepulauan Seribu tetap buka saat liburan panjang

"Docking" kapal di Kepulauan Seribu tetap buka saat liburan panjang

Sejumlah nelayan beraktivitas di Docking kapal milik Sudin KPKP Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Minggu (18/10/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP)  Kepulauan Seribu, Jakarta menyatakan layanan perbaikan atau perawatan kapal (docking) di Kepulauan Seribu tetap dibuka selama liburan panjang.

“Tidak ada kata libur dalam memberikan pelayan, termasuk dalam docking kapal nelayan yang dibutuhkan,” kata Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya di Jakarta, Kamis.

Devi menjelaskan pelayanan kepada kapal nelayan tetap dilakukan saat liburan panjang sejak Rabu 28 Oktober hingga Minggu 1 November 2020 mendatang.

Sudin KPKP Kepulauan Seribu memiliki enam unit layanan docking kapal yang tersebar di beberapa pulau penduduk yakni Pulau Sebira, Pulau Kelapa, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Lancang dan Pulau Untung Jawa.

Devi menjelaskan docking kapal yang dimiliki Sudin KPKP khusus untuk kapal nelayan kecil di bawah 10 gross tonnage (GT), karena terbatasnya luasan tempat. Selain itu, semua pekerjaan masih manual.

"Setiap docking bisa melayani 2 kapal sekaligus," ujar Devi.

Sejumlah perbaikan yang dapat dilakukan yakni pengecatan kapal, perbaikan kapal bocor hingga perbaikan fiber. Pelayanan diutamakan untuk kapal nelayan di Kepulauan Seribu.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

TNI AL ingatkan potensi kecelakaan di Perairan Batu Berhenti

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar