Tantangan berikutnya tidaklah ringan. Kita perlu mengambil langkah strategis agar tim yang berhasil maju ke Pimnas ke-33 pada 24-29 November nanti ini bisa mendapatkan medali
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meloloskan 27 tim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-33 Tahun 2020 sekaligus menempati peringkat keenam secara nasional dari sisi jumlah tim yang lolos sebagai peserta pimnas.

Informasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 2414/J3/2020 tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2020 tertanggal 29 Oktober 2020.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr A Arsunan, M. Kes dalam keterangannya di Makassar, Sabtu mengatakan prestasi mahasiswa cukup membanggakan dan peringkat 6 adalah hal yang patut disyukuri.

“Tantangan berikutnya tidaklah ringan. Kita perlu mengambil langkah strategis agar tim yang berhasil maju ke Pimnas ke-33 pada 24-29 November nanti ini bisa mendapatkan medali," katanya.

"Tentu kami sangat berharap kepada segenap sivitas akademika untuk memberi masukan, kontribusi, dan pendampingan sehingga tim PKM Unhas dapat meraih prestasi yang membanggakan almamater,” tambahnya.

Capaian prestasi itu, kata dia, merupakan hasil kerja bersama seluruh elemen Unhas, khususnya di bidang kemahasiswaan.

Ia  secara khusus menyampaikan penghargaan atas kontribusi semua pihak.

“Terima kasih banyak kepada semua yang telah berkontribusi untuk kemajuan mahasiswa Unhas, khususnya kepada para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, staf kemahasiswaan di rektorat, Pokja PKM, para Ketua Program Studi, dan seluruh dosen pembimbing/pendamping PKM,” kata  Arsunan.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyatakan capaian itu membuktikan bahwa meskipun dalam situasi pandemi COVID-19, mahasiswa Unhas dapat membuktikan diri mempertahankan reputasi dengan prestasi unggul dan membanggakan.

“Selamat kepada mahasiswa yang lolos sebagai peserta Pimnas ke-33 tahun ini. Semoga dapat terus mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih medali nantinya,” katanya.

Sesuai penyampaian dari Pusat Prestasi Nasional, bagi tim yang telah direkomendasikan untuk mengikuti Pimnas ini diharapkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Tim yang lolos diharapkan untuk segera mengkonfirmasi kehadirannya melalui form yang telah disiapkan.

Sebaran 27 tim PKM Unhas yang lolos direkomendasikan ke Pimnas berdasarkan fakultas adalah Fakultas Hukum 4 tim, Fakultas Isipol 4 tim, Fakultas Kedokteran Gigi 3 tim, Fakultas Keperawatan 3 tim, Fakultas Pertanian 3 tim, Fakultas Teknik 3 tim, Fakultas Kedokteran 2 tim, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1 tim, Fakultas Farmasi 1 tim, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan 1 tim, Fakultas Kehutanan 1 tim dan Fakultas MIPA 1 tim

Berdasarkan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebaran proposal PKM mahasiswa yang direkomendasikan ke Pimnas adalah:
Bidang Kewirausahaan (PKM-K) 2 tim, Bidang Karsa Cipta (PKM KC) 4 tim, Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) 8 tim, Bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) 5 tim, Bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) 7 tim dan Bidang Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) 1 tim.

Baca juga: Proposal mahasiswa Unhas lolos kompetisi inovasi bisnis Kemendikbud

Baca juga: Ustadz Abdul Somad silaturahmi bersama sivitas akademika Unhas

Baca juga: FT Unhas gelar Pekan Nasional Kemaritiman 2020

Baca juga: Geopark Maros Pangkep diusulkan gabung dengan global geopark UNESCO

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020