Jakarta (ANTARA) - Program integrasi antarmoda transportasi publik mengantarkan DKI Jakarta meraih penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021.

Raihan ini membuat Ibu Kota Jakarta selangkah lebih maju dari tahun sebelumnya yang hanya mendapat gelar "Honorable Mention".

Kemenangan DKI Jakarta dalam ajang global ini disiarkan oleh konsultan transportasi, Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia.

 "Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemicu untuk terus melakukan gebrakan-gebrakan baru dalam menerapkan kebijakan yang humanis dan ramah lingkungan," kata Direktur ITDP Asia Tenggara Faela Sufa di Jakarta, Sabtu.

Jakarta berhasil menyisihkan kota-kota di dunia yang ikut bersaing di ajang STA, seperti Adis Ababa, Bogota, Auckland, Braga, Buenos Aires, Frankfurt, Sao Paulo dan lain sebagainya.

Sustainable Transport Award (STA) merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota yang telah menunjukkan komitmen, kemauan politik serta visi dalam bidang transportasi perkotaan berkelanjutan selama dua tahun (18 bulan) ke belakang.

Semangat dari ajang STA adalah merayakan kota-kota dengan segala keterbatasan bersikukuh mewujudkan sistem transportasi adil dan terjangkau bagi semua warga tanpa terhalang umur, gender, kemampuan ekonomi dan fisik.

Jakarta dinilai telah menjalankan program integrasi antarmoda transportasi publik secara ambisius sejak beberapa tahun belakang.

Baca juga: TransJakarta-LinkAja kolaborasi integrasikan pembayaran tiket digital
Penumpang berada di dalam angkutan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Minggu (30/8/2020). PT MRT Jakarta melakukan Perubahan Jarak Antar Kereta (Headway) guna mencegah potensi peningkatan jumlah pengguna MRT Jakarta serta upaya peningkatan layanan MRT Jakarta pada akhir pekan dan hari libur, yang efektif diberlakukan mulai Sabtu (29/8/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja./foc.
Momentum Besar
Integrasi mikrobus (angkot) dengan layanan TransJakarta serta kehadiran MRT dan LRT Jakarta tahun lalu menjadi momentum besar bagi sistem transportasi publik di Jakarta.

Dalam payung JakLingko, upaya DKI Jakarta untuk mengintegrasikan semua moda transportasi baik secara fisik maupun pembayaran, terbilang ambisius dalam beberapa tahun terakhir.

Kemudian, penataan stasiun transportasi publik milik DKI Jakarta dengan KRL Commuter Line di awal tahun ini, menjadi tonggak baru sistem integrasi transportasi publik di Jabodetabek.

TransJakarta juga mulai mengembangkan armada bus listrik yang diujicobakan tahun ini dan mempunyai target untuk mengubah semua armadanya menjadi bus listrik pada 2030.

Tidak hanya transportasi publik, DKI Jakarta juga menaruh perhatian bagi pengguna jalan kaki untuk mendapatkan kemudahan akses menuju transportasi publik yang terintegrasi.

Untuk mendukung integrasi tersebut, Pemprov DKI juga mentransformasi Terowongan Kendal menjadi terowongan akses khusus pejalan kaki yang menghubungkan stasiun KRL Sudirman, stasiun MRT Jakarta, stasiun Kereta Bandara dan halte serta Halte TransJakarta.

Menurut Faela, pembangunan fasilitas pejalan kaki di Jakarta selama dua tahun ke belakang juga terbilang masif. Program-program berbasis pelibatan masyarakat seperti #JalanJakarta juga dilakukan untuk menciptakan jalan lingkungan yang lebih ramah pesepeda dan pejalan kaki.

Disusul dengan uji coba jalur sepeda sepanjang 63 km pada tahun 2019 yang kemudian ditindaklanjuti dengan perencanaan 500 kilometer (km) jalur sepeda terproteksi.

Baca juga: LSM: Kendalikan Polusi Udara Jakarta dengan Pengelolaan Transportasi yang Baik
Bus Transjakarta memasuki Halte Bundaran HI, Jakarta, Senin (12/10/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Pesepeda
Upaya merencanakan jalur sepeda ini terbayar ketika masa pandemi COVID-19 saat terjadi lonjakan pesepeda hingga 10 kali lipat di ruas-ruas jalan utama Jakarta.

Hal ini kemudian diperkuat dengan diimplementasikannya "pop up bike lane" (jalur sepeda terproteksi sementara) dan Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 yang menginstruksikan untuk memprioritaskan pejalan kaki dan pesepeda selama Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) berlangsung.

Program integrasi antarmoda transportasi publik di Kota Jakarta tidak hanya itu. Pemprov DKI berupaya untuk menggalakkan pembatasan kendaraan bermotor pribadi di pusat kota ditandai dengan diubahnya fasilitas "park and ride" Thamrin 10 menjadi ruang usaha ekonomi kreatif.

Ke depannya, Jakarta berikrar untuk mengeluarkan kebijakan lanjutan seperti menaikkan tarif parkir di pusat kota dan menerapkan sistem ERP di jalan-jalan utama.

Selama masa pandemi dan krisis lain seperti pemadaman listrik dan kerusuhan politik, sistem transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan, seperti transportasi publik, berjalan kaki dan bersepeda, yang sudah dimiliki DKI Jakarta menjadi modal utama dalam memastikan kota dan warganya tetap dapat bergerak.

"Upaya dan keteguhan untuk mengambil keputusan tidak populer di kota yang warganya sangat bergantung pada kendaraan bermotor pribadi sangat patut diapresiasi," ujar Faela.

Baca juga: MRT raih sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan Internasional
Kereta api ringan (LRT) berada di lintasan LRT Jabodebek Cawang-Cibubur di Cibubur, Jakarta, Kamis (29/10/2020). Pihak operator konstruksi LRT Jabodebek Cawang-Cibubur telah memulai tahapan uji coba "Grade of Automation 0" atau masih menggunakan masinis dan ditargetkan akan beroperasi pada 2021. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Berkeadilan
CEO ITDP Heather Thompson mengatakan, masa pandemi ini membuka banyak ruang untuk para pemimpin kota mulai berpikir kembali tentang bagaimana sebuah kota bisa bertahan dalam menghadapi krisis dan menyambut normal baru yang lebih berkeadilan dan berkelanjutan dibanding sebelumnya.

"Kami sangat bersemangat untuk merayakan kemenangan Jakarta tahun depan, dan berharap kemenangan ini dapat menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dan dunia," kata Heather.

Baca juga: LinkAja resmi layani pembayaran LRT Jakarta
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kiri) melakukan swafoto bersama (dari kiri) Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo usai Peresmian Stasiun Terpadu di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/6/2020). Penataan stasiun terpadu ini sebagai langkah urban regeneration dengan melakukan penataan kembali kota Jakarta dalam pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (TOD) yang didukung oleh pembangunan di sektor transportasi umum terintegrasi di bawah Jak Lingko. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Bangga
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan
bangga terhadap Jakarta dan berkomitmen untuk terus mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan yang tujuan akhirnya adalah kenyamanan warga. 

"Alhamdulillah Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi," katanya.

Ini adalah pengingat bahwa Pemprov DKI harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin.

STA diselenggarakan sejak tahun 2005. Komite STA terdiri atas para ahli dan organisasi skala internasional antara lain WRI Ross Centre for Sustainable Cities, The World Bank, GIZ, ICLEI, BRT Center of Excellence, Clean Air Asia, CODATU, Despacio, AMEND, Asian Development Bank serta ITDP Global.

Pemenang STA diumumkan di konferensi transportasi MOBILIZE. Tahun ini diselenggarakan oleh ITDP Global bekerjasama dengan VREF, Barr Foundation dan Bernard Van Leer Foundation.

Kota pemenang STA diumumkan di konferensi transportasi berkelanjutan internasional, MOBILIZE 2020, yang diselenggarakan pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020 secara virtual.

Penghargaan STA akan diserahkan pada acara “Transport Research Board Annual Meeting” yang diselenggarakan di Washington, DC pada Januari 2021.

Setelah dinyatakan menang, Jakarta kemudian menjadi tuan rumah MOBILIZE 2021.
Baca juga: MRT Jakarta perkuat sinergi dorong pembentukan TOD

Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020