Liga Jerman

Bayern dan Dortmund kompak menang untuk salip Leipzig dari puncak

Bayern dan Dortmund kompak menang untuk salip Leipzig dari puncak

Para pemain Bayern Munich merayakan gol yang tercipta ke gawang Cologne pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di RheinEnergieStadion, Cologne, Sabtu (31/10/2020). (ANTARA/Reuters Connect/nordphoto / Meuter / Pool)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund kompak meraih kemenangan dalam laga pekan keenam Liga Jerman pada Sabtu untuk membuat mereka menyalip RB Leipzig yang sebelumnya menduduki puncak klasemen.

Bertandang ke Stadion RheinEnergie, Bayern sukses mengatasi tuan rumah FC Cologne dengan skor 2-1. Sementara Dortmund yang main di kandang Arminia Bielefeld mampu memetik tiga poin setelah membungkam tuan rumah 2-0, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Kendati demikian, posisi Bayern dan Dortmund belum sepenuhnya aman, mengingat Leipzig baru main di kandang Borussia Moenchengladbach dalam pertandingan yang dilangsungkan lebih larut.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Leipzig harus berjuang keras pertahankan puncak

Di Cologne, Bayern mendapat hadiah tendangan penalti hanya 14 menit setelah sepak mula karena bola mengenai lengan Marius Wolf di dalam area terlarang. Thomas Mueller yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya untuk membawa Bayern memimpin.

Keunggulan itu digandakan oleh Serge Gnabry di pengujung babak pertama saat ia menyelesaikan gelombang serangan balik bayern dengan sepakan kaki kiri demi menguburkan bola ke pojok kiri bawah gawang tuan rumah.

Cologne baru mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-82, saat pemain pengganti Dominick Drexler meneruskan tembakan Jan Thielmann masuk ke gawang Manuel Neuer. Gol itu sempat ditinjau VAR, namun tetap disahkan.

Kemenangan itu membawa Bayern memuncaki klasemen dengan 15 poin, sedangkan Cologne (2) berada di posisi ke-16.

Baca juga: Masa depan David Alaba di Bayern masih tak jelas

Pada saat bersamaan di Schucho Arena, Dortmund yang tak diperkuat Erling Haaland tetap sukses membawa pulang tiga poin berkat dwigol bek gaek Mats Hummels ke gawang Arminia.

Gol Hummels pada menit ke-53 menyambar sepak pojok Jadon Sancho memecahkan kebuntuan dan membawa Dortmund memimpin, lantas bek berusia 31 tahun itu mencetak gol keduanya lewat sundulan menyelesaikan umpan silang akurat Marco Reus pada menit ke-71.

Dortmund kini menduduki posisi kedua dengan koleksi 15 poin, namun kalah selisih gol dari Bayern. Sedangkan Arminia (4) tertahan di posisi ke-14.

Augsburg menang, Frankfurt imbang kontra Bremen

Augsburg kembali ke jalur kemenangan setelah memukul tim juru kunci Mainz 05 dengan skor 3-1. Tim tuan rumah Augsburg membuka keunggulan melalui gol Ruben Vargas pada menit ke-40. Mainz kemudian mampu menyamakan kedudukan melalui gol Karim Onisiwo pada menit ke-64.

Andre Hahn kemudian merestorasi keunggulan satu gol Augsburg pada menit ke-80, sebelum ia mengemas gol keduanya di laga itu untuk mengunci kemenangan Augsburg pada menit ke-90.

Augsburg kini naik ke posisi keempat dengan sepuluh poin, sedangkan Mainz tetap menghuni dasar klasemen dengan nol poin.

Laga antara Eintracht Frankfurt melawan Werder Bremen berakhir imbang 1-1. Joshua Sargent membawa Bremen unggul terlebih dahulu melalui golnya pada menit ke-51, sebelum Andre Silva menyamakan kedudukan lewat golnya pada menit ke-65.

Baca juga: Ditahan imbang Stuttgard, Schalke perpanjang rentetan laga nirmenang

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar