Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig takluk 0-1 dari Borussia Moenchengladbach sehingga gagal merebut kembali posisi puncak klasemen, pada pertandingan pekan keenam Liga Jerman yang dimainkan di Borussia Park, Moenchengladbach, Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Leipzig memasuki pekan keenam sebagai pemuncak klasemen, namun mereka didepak Bayern Munich dan Borussia Dortmund yang bermain lebih awal, dan tidak mampu membalas menyingkirkan kedua klub raksasa tersebut akibat dipukul Gladbach, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Gol semata wayang pada pertandingan itu dibukukan oleh Hannes Wolf pada menit ke-60. Leipzig pun kini tertahan di posisi ketiga dengan 13 poin, sedangkan Gladbach naik ke posisi keempat dengan 11 poin.

Baca juga: Bayern dan Dortmund kompak menang untuk salip Leipzig dari puncak

Leipzig yang bertekad mengamankan tiga poin demi kembali ke puncak memulai laga dengan agresif. Penyerang Yussuf Poulsen memaksa kiper Yann Sommer melakukan penyelamatan pada peluang bersih pertama di pertandingan itu.

Alexander Sorloth hampir memberi assist kepada Poulsen, namun pemain Denmark itu gagal menjangkau umpan yang disodorkan kepadanya. Gladbach mencoba mengancam menjelang turun minum, namun Breel Embolo dan Alassane Plea telah lebih dahulu terperangkap offside.

Pada pertengahan babak kedua, Gladbach mampu memecah kebuntuan. Patrick Herrmann meneruskan umpan silang Plea untuk disambar Wolf, yang mengarahkan bola ke sudut jauh gawang Leipzig. Itu merupakan gol perdana Wolf di Liga Jerman, sekaligus gol ke gawang tim pemiliknya.

Meski tertinggal, Leipzig menolak menyerah. Amadou Haidara sempat menguji kiper Yann Sommer, sebelum Sorloth melepaskan tembakan yang terdefleksi ke atas mistar gawang. Tim tamu terus berupaya menekan pada sisa waktu yang ada, namun mereka gagal mengemas gol penyama kedudukan.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Leipzig harus berjuang keras pertahankan puncak

Susunan pemain:

Borussia Moenchengladbach (4-2-3-1): Yann Sommer, Stefan Lainer, Matthias Ginter, Nico Elvedi (Oscar Wendt 46'), Ramy Bensebaini, Jonas Hofmann, Florian Neuhaus (Christoph Kramer 73'), Patrick Herrmann (Valentino Lazaro 80'), Breel Embolo (Marcus Thuram 73'), Hannes Wolf, Alassane Plea (Lars Stindl 80')
Pelatih: Marco Rose

RB Leipzig (4-3-1-2): Peter Gulacsi, Benjamin Henrichs, Willi Orban, Dayot Upamecano, Angelino, Marcel Sabitzer, Kevin Kampl (Amadou Haidara 66'), Lazar Samardzic (Christoph Nkunku 69'), Daniel Olmo (Emil Forsberg 66'), Yussuf Poulsen (Hee Chan Hwang 66'), Alexander Sorloth
Pelatih: Julian Nagelsmann

Baca juga: Ditahan imbang Stuttgard, Schalke perpanjang rentetan laga nirmenang
Baca juga: Masa depan David Alaba di Bayern masih tak jelas

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020