Liga Spanyol

Barcelona ditahan imbang 10 pemain Alaves

Barcelona ditahan imbang 10 pemain Alaves

Bek Alaves Florian Lejeune (kiri) mengawal pergerakan megabintang Barcelona Lionel Messi dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gateisz, Spanyol, Sabtu (31/10/2020) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Vincent West.

Jakarta (ANTARA) - Barcelona ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Alaves yang harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain dalam laga pekan kedelapan Liga Spanyol di Stadion Mendizorroza, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Tampil mendominasi 79 persen penguasaan bola dan melepaskan tak kurang dari 25 percobaan tembakan sepanjang laga, tak cukup bagi Barcelona untuk memetik tiga poin penuh dari pertandingan itu, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Bahkan, Barcelona kecolongan lebih dulu pada menit ke-31 akibat blunder kiper Neto yang gagal mengendalikan umpan balik dari Gerard Pique dan bola direbut oleh Luis Rioja untuk membawa Alaves mencuri keunggulan.

Baca juga: Ronald Koeman minta Ansu Fati jaga fokus

Sejumlah peluang sebetulnya diciptakan oleh Barcelona sebelum gol itu, tetapi tendangan Lionel Messi bisa dihadang oleh bek tuan rumah Victor Laguardia yang berjaga di dekat tiang gawang.

Ketertinggalan itu berusaha diatasi oleh Ronald Koeman dengan melakukan tiga pergantian pemain sekaligus saat turun minum. Ia mengirim masuk Miralem Pjanic, Pedri dan Trincao untuk menggantikan Sergio Busquets, Clement Lenglet dan Ousmane Dembele.

Barcelona lantas mendapat keuntungan ketika Jota menerima kartu kuning kedua karena pelanggarannya terhadap Pique dan tuan rumah harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain sejak menit ke-62.

Semenit kemudian situasi 11 lawan 10 bisa dimanfaatkan oleh Barcelona untuk menyamakan kedudukan lewat Antoine Griezmann yang memperdaya kiper Fernando Pacheco dengan tembakan cungkilnya.

Baca juga: Koeman masih yakin dengan kemampuan mencetak gol Antoine Griezmann

Lantas Barcelona punya kesempatan bagus lewat sepakan melengkung bagus dari Messi, tetapi Pacheco melakukan aksi penyelamatan gemilang yang tak kalah gemilang untuk mengagalkan peluang tersebut.

Selanjutnya, dominasi Barcelona tak membuahkan hasil apapun kecuali satu poin sebab skor 1-1 ajeg hingga peluit bubaran berbunyi.

Hasil itu membuat Barcelona melewati tiga laga Liga Spanyol tanpa kemenangan dan mereka sementara tertahan di urutan ke-12 dengan koleksi delapan poin saja.

Sedangkan Alaves (8) sementara naik satu strip di bawah Barcelona, sembari menanti hasil laga-laga lain yang masih akan berlangsung hingga Selasa (2/11) dini hari WIB.

Barcelona selanjutnya akan terlebih dulu menjamu Dynamo Kiev di Grup G Liga Champions pada Rabu (4/11) sebelum kandangnya Real Betis tiga hari kemudian, sedangkan Alaves baru tampil lagi pada Minggu (8/11) di kandang Levante.

Baca juga: Atletico hantam Osasuna walau tanpa Luis Suarez
Baca juga: Real Madrid hajar Huesca 4-1 untuk naik ke puncak klasemen
Baca juga: Bilbao paksa Sevilla telan tiga kekalahan beruntun


Susunan pemain:

Alaves (4-1-4-1): Fernando Pacheco; Navarro Ximo (Martin Aguirregabiria), Victor Laguardia, Florian Lejeune, Ruben Duarte; Rodrigo Battaglia; Edgar Mendez (Tomas Tavares), Tomas Pina (Adrian Marin), Jota, Luis Rioja (Manu Garcia); Deyverson (Joselu)
Pelatih: Pablo Machin

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet (Pedri), Jordi Alba (Sergino Dest); Sergio Busquets (Miralem Pjanic), Frenkie de Jong; Ousmane Dembele (Trincao), Lionel Messi, Ansu Fati (Martin Braithwaite); Antoine Griezmann
Pelatih: Ronald Koeman

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar