Daniel Craig kenang Sean Connery sebagai ikon sinema

Daniel Craig kenang Sean Connery sebagai ikon sinema

Daniel Craig sebagai James Bond dalam "No Time to Die" (2020). ANTARA/MGM, Universal.

Jakarta (ANTARA) - Aktor James Bond, Daniel Craig mengenang sosok mendiang Sean Connery, aktor pertama yang memerankan karakter Bond sebagai seorang ikon sinema.

"Saya sangat sedih mendengar meninggalnya salah satu ikon film terhebat yang sejati. Sir Sean Connery akan dikenang sebagai Bond dan banyak lagi. Dia mendefinisikan era dan gaya," kata Craig dikutip dari Variety, Minggu.

"Kecerdasan dan pesona yang dia gambarkan di layar seakan tak bisa diukur. Ia membantu menciptakan blockbuster modern. Ia akan terus mempengaruhi aktor dan pembuat film di tahun-tahun mendatang. Pikiranku bersama keluarga dan orang yang dicintainya," imbuhnya.

Craig sendiri memerankan Bond melalui "Casino Royale"di tahun 2006. Dia memainkan peran tersebut sebanyak lima kali, dengan "No Time to Die" yang akan datang sebagai film terakhirnya sebagai 007.

Baca juga: Sean Connery puji Skotlandia dalam memoarnya

Baca juga: Sean Connery dalam keadaan sehat, kata jubirnya


Sementara itu, Sean Connery meninggal dunia di usia 90 tahun, dalam tidurnya.

Terlahir sebagai Thomas Connery pada 25 Agustus 1930, dia adalah anak sulung dari dua putra seorang sopir truk jarak jauh dan seorang ibu yang bekerja sebagai pembersih.

Dia putus sekolah pada usia 13 tahun dan bekerja dalam berbagai pekerjaan kasar. Pada usia 16 tahun, dua tahun setelah Perang Dunia Kedua berakhir, Connery direkrut menjadi Angkatan Laut Kerajaan (Royal Navy), dan bertugas selama tiga tahun.

Connery adalah pendukung kuat kemerdekaan Skotlandia dan memiliki tato kata "Scotland Forever" di lengannya saat bertugas di Royal Navy. Ia juga dianugerahi gelar kebangsawanan pada usia 69 tahun oleh Ratu Elizabeth dari Inggris pada tahun 2000 di Istana Holyrood di Edinburgh.

Connery terjun ke dunia akting dengan memainkan peran kecil di perusahaan teater, dan berlanjut ke film dan televisi. Peran pertamanya adalah di film Disney "Darby O'Gill and the Little People" pada tahun 1959.

Dalam karir aktingnya selama beberapa dekade, Connery memenangkan Oscar untuk "The Untouchables" (1987), dan muncul dalam film-film populer lainnya.

Mulai dari "Marnie" (1964) dari sutradara Alfred Hitchcock, "The Wind and the Lion" (1975), "The Man Who Would be King" (1975), "Indiana Jones and the Last Crusade" (1989) karya Steven Spielberg, dan "The Hunt for Red October" (1990).

Namun, ia paling dikenal sebagai orang yang memperkenalkan James Bond kepada penonton bioskop dengan "Dr. No" (1962). Connery kemudian berperan sebagai mata-mata 007 dalam enam film lagi, termasuk "Goldfinger" (1964), "Thunderball" (1965), dan "From Russia With Love" (1963).

Baca juga: Sean Connery, mantan aktor James Bond meninggal dunia

Baca juga: James Bond dari masa ke masa di Madame Tussauds

Baca juga: Mobil James Bond Dijual


 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar