Jakarta (ANTARA) - Sebuah uppercut keras tangan kiri petinju Amerika Serikat Gervonta "Tank" Davis membuat petinju Meksiko Leo Santa Cruz terkapar sekaligus membuat Davis memenangi duel dengan KO pada ronde keenam di Alamodome, San Antonio, Minggu WIB.

Kemenangan itu membuat Davis (24-0, 23 KO) mempertahankan gelar kelas ringan reguler WBA dan merebut gelar kelas ringan super WBA dari Santa Cruz (37-2-1, 19 KO) yang dilarikan ke rumah sakit setelah pertarungan karena alasan pencegahan.

Duel unifikasi gelar itu berlangsung seru. Kedua petinju bertukar serangan dengan tidak ada petarung yang mundur. Namun, Davis, yang sudah menjadi petarung muda yang sangat populer, memberikan penampilan yang sangat memukau dengan powernya yang dahsyat, dan kemungkinan besar akan menjadikannya sebagai salah satu ikon tinju di masa depan.

"Pertama, saya hanya ingin mengatakan bahwa saya adalah bintang bayar-per-tayang. Semua orang tahu saya No. 1, dan saya menunjukkannya malam ini," kata Davis seusai pertandingan seperti dikutip ESPN.

Baca juga: Lopez taklukkan Lomachenko untuk rengkuh empat sabuk ringan super

Davis melanjutkan rekor KOnya dalam 15 pertandingan, yang dimulai pada Februari 2015, dan persentase KO 96% -nya adalah yang terbaik dari semua juara tinju.

"Saya akan terus menunjukkan kepada orang-orang di seluruh dunia bahwa saya yang terbaik. Saya tidak perlu memanggil orang lain. Saya adalah yang terbaik. Atur saja mereka, dan saya akan menjatuhkan mereka keluar satu per satu," kata Davis sambil menyatakan bahwa dia akan mempertahankan gelar di kelas 130 pon dan 135 pon.

Lebih dari 9.000 penggemar yang hadir dengan protokol jarak sosial menonton duel Santa Cruz-Davis yang merupakan pertarungan besar pertama di Amerika Serikat dengan penonton yang membayar, sejak pandemi COVID-19 Maret lalu.

Dipromosikan oleh legenda tinju tak terkalahkan, Floyd Mayweather, Davis mengaku ingin menjadi superstar utama tinju seperti mentornya itu.

"Tank adalah yang terbaik.... Saya menempatkan dia pada posisi untuk melakukan apa yang saya lakukan...," kata Mayweather.

Baca juga: Anthony Joshua vs Kubrat Pulev resmi ditunda
Baca juga: Lawan baru Anthony Joshua diumumkan pekan depan

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020