Jakarta (ANTARA) - Arsenal merusak perayaan laga ke-100 Ole Gunnar Solskjaer menangani Manchester United dengan memetik kemenangan 1-0 dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu waktu setempat atau Senin WIB.

Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol semata wayang kemenangan Arsenal lewat eksekusi tendangan penalti pada menit ke-69 setelah Paul Pogba divonis menjegal Hector Hellerin dari belakang, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Rayakan laga ke-100, Solskjaer berambisi MU taklukkan Arsenal

Mason Greenwood berpeluang membuka keunggulan MU pada menit ke-21 tetapi tembakannya ke area tiang dekat bisa diselamatkan oleh kiper Bernd Leno dengan halauan kakinya.

Arsenal juga berkesempatan unggul lebih awal pada menit ke-39 tetapi tembakan Willian yang sudah tak mampu dijangkau kiper David de Gea membentur mistar gawang.

Sejak memiliki keunggulan Arsenal bermain lebih pragmatis dan menebalkan lini pertahanan mereka, bahkan menarik keluar Willian dan Aubameyang untuk digantikan Ainsley Maitland-Niles dan bek Shkodran Mustafi.

Solskjaer berusaha mengeluarkan senjata terakhirnya dengan menurunkan Donny van de Beek dan Edinson Cavani masing-masing menggantikan Bruno Fernandes serta Greenwood.

Van de Beek hampir memberi kontribusi langsung ketika umpan silangnya dihalau Mohamed Elneny dan hampir berujung gol bunuh diri Arsenal pada menit ke-85, tetapi bola sempat mengenai kepala Leno sebelum membentur tiang gawang.

Baca juga: Penyerang Manchester United bisa jadi ancaman musim ini, kata Arteta

Skor 1-0 tak berubah hingga bubaran, membuat Mikel Arteta menjadi manajer Arsenal pertama yang berhasil meraih kemenangan dalam dua pertemuan perdana dengan MU, menyamai torehan manajer legendaris The Gunners Herbert Chapman pada musim 1925/1926.

Arteta juga menyudahi tren buruk Arsenal yang sebelumnya tak pernah menang dalam 13 laga tandang sebelumnya di Old Trafford, sembari memperburuk rekor negatif MU yang belum pernah menang di kandang sendiri di Liga Inggris musim ini.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal naik ke posisi kedelapan klasemen sementara dengan koleksi 12 poin, sedangkan MU yang mengoleksi 7 poin tertahan pada urutan ke-15.

Selanjutnya kedua tim akan lebih dulu tampil dalam kompetisi Eropa sebelum melakoni laga pekan kedelapan Liga Inggris pada Sabtu pekan ini ketika MU bertandang ke markas Everton dan Arsenal menjamu Aston Villa di Emirates.

Baca juga: Ambisi Everton kembali ke puncak runtuh di markas Newcastle
Baca juga: Southampton redam kebangkitan Aston Villa untuk petik kemenangan 4-3
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool sementara salip Everton dari puncak


Susunan pemain:

Manchester United (4-1-2-1-2): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay; Fred (Nemanja Matic), Paul Pogba; Bruno Fernandes (Donny van de Beek); Marcus Rashford, Mason Greenwood (Edinson Cavani)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Mohamed Elneny, Thomas Partey, Bukayo Saka; Willian (Ainsley Maitland-Niles), Alexandre Lacazette (Edward Nketiah), Pierre-Emerick Aubameyang (Shkodran Mustafi)
Pelatih: Mikel Arteta

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020