Liga Italia

Sassuolo hantam Napoli 2-0 meski tidak diperkuat pemain pilar

Sassuolo hantam Napoli 2-0 meski tidak diperkuat pemain pilar

Gelandang Sassuolo Maxime Lopez (tengah) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Napoli bersama teman-teman setimnya, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion SanPaolo, Naples, Minggu (1/11/2020). (ANTARA/AFP/TIZIANA FABI)

Jakarta (ANTARA) - Sassuolo menghantam Napoli 2-0 meski tidak diperkuat sejumlah pemain pilar pada pertandingan Liga Italia kedua tim di Stadion San Paolo, Naples, Senin dini hari WIB.

Tim tamu yang tidak diperkuat pemain-pemain penting seperti Francesco Caputo, Domenico Berardi, Filip Djuricic, Lukas Haraslin, Jeremy Toljan, dan Filippo Romagna membuka keunggulan melalui eksekusi penalti Manuel Locatelli pada menit ke-59. Maxime Lopez kemudian mengemas gol kedua Sassuolo pada menit ke-90 untuk melengkapi kemenangan timnya, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Tiga poin ini mendongkrak Sassuolo peringkat kedua dengan 14 poin, sedangkan Napoli turun ke posisi kelima dengan 11 poin.

Napoli menggenggam kendali permainan pada awal pertandingan. Dries Mertens melepaskan sepakan melebar, sedangkan kiper Sassuolo Andrea Consigli dipaksa menggagalkan upaya Victor Osimhen.

Sisa waktu babak pertama tetap menjadi milik Partenopei. Osimhen melepaskan tembakan melambung dan Consigli harus menahan tembakan Fabian Ruiz. Satu peluang bagus didapat Sassuolo melalui Jeremie Boga yang sepakannya ditahan kiper David Ospina.

Baca juga: Ronaldo dua gol saat Juve menang besar 4-1

Permainan berubah setelah turun minum. Wasit menggunakan VAR untuk meninjau potensi pelanggaran di dalam kotak penalti Napoli. Ia kemudian memutuskan Giovanni Di Lorenzo melanggar Giacomo Raspadori dan menjatuhkan hukuman penalti kepada Napoli.

Eksekutor Sassuolo, kapten Locatelli, sukses mengecoh Ospina dan membawa timnya memimpin.

Mertens berpeluang menyamakan kedudukan ketika sia tidak terkawal saat menerima umpan silang Matteo Politano, namun tembakan yang dilepaskannya melebar.

Napoli berusaha habis-habisan menggempur gawang Sassuolo, namun tidak banyak ancaman nyata yang dapat mereka ciptakan. Gawang Sassuolo sempat kemasukan dari sundulan Kostas Manolas, namun Osimhen berada pada posisi offside saat dia menyundul bola awal yang ditepis Consigli.

Terdapat sedikit kontroversi saat gol kedua Sassuolo tercipta. Osimhen memprotes wasit karena kausnya ditarik oleh Marlon. Saat dia melakukan protes, Sassuolo melakukan serangan balik dan Maxime Lopez melaju cepat dan menaklukkan para pemain Napoli sebelum memaksa Ospina memungut bola dari dalam gawang untuk kedua kalinya.

Baca juga: Ibrahimovic sumringah gol akrobatiknya jadi penentu kemenangan Milan

Roma kembali ke jalur kemenangan

AS Roma kembali ke jalur kemenangan setelah menang 2-0 atas tamunya Fiorentina di Stadion Olimpico, Roma.

Pada menit ke-12, Leonardo Spinazzola bergerak cepat menyambar bola liar untuk memasukkannya ke gawang Fiorentina. Wasit sempat diinterupsi VAR untuk menilai potensi pelanggaran, namun mengesahkan gol tersebut. Roma unggul 1-0.

Gawang Fiorentina kembali bergetar pada menit ke-70. Bola umpan terobosan Henrikh Mkhitaryan dimanfaatkan dengan sempurna oleh Pedro Rodriguez untuk menggandakan keunggulan Giallorossi.

Upaya Fiorentina untuk memperkecil ketertinggalan semakin berat ketika Lucas Martinez diganjar kartu merah oleh wasit pada menit ke-88 akibat pelanggaran kerasnya terhadap Edin Dzeko.

Roma pun naik ke posisi ketujuh dengan koleksi 11 poin, sedangkan hasil imbang kedua Fiorentina musim ini membuat mereka tertahan pada posisi ke-11 dengan tujuh poin.

Baca juga: Sepakan akrobatik Ibrahimovic bantu Milan kembali ke jalur kemenangan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar