Jakarta (ANTARA) - Kia Motors Corporation bersama pemerintah Korea Selatan akan segera memproduksi kendaraan tempur sebagai pengembangan platform standar baru untuk kendaraan militer generasi mendatang yang lebih canggih.

Kia berencana untuk mulai memproduksi prototipe kendaraan standar berukuran sedang dalam tahun ini dan mengikuti evaluasi pengujian oleh pemerintah Korea pada tahun 2021. Sasaran perusahaan ini adalah memasok peralatan militer mulai tahun 2024, mengikuti standardisasi dan uji produksi awal.

Baca juga: Kia tawarkan asuransi bagi mereka yang terkena PHK di Eropa

Baca juga: Hyundai ditinggal Donckerwolke, mantan desainer Lamborghini & Bentley


Proyek pengembangan kendaraan standar berukuran sedang ini merupakan hasil investasi bersama antara militer Korea dan Kia Motors. Program berskala besar nantinya dimaksudkan untuk mengganti kendaraan standar militer 2,5 ton dan 5 ton yang saat ini beroperasi, dan pengembangan kendaraan baru antipeluru berbobot 5 ton.

Kendaraan standar akan dilengkapi dengan berbagai teknologi komersial terbaru, termasuk mesin diesel 7.0 liter torsi tinggi dan sistem transmisi otomatis, ABS dan Anti-Spin Regulator (ASR), Rear Parking Assist, Around View Monitor, navigasi satelit dan kursi kawat panas, kata Kia dalam pernyataannya, dikutip Senin.
Truk militer Kia. (ANTARA/Kia)


Pendekatan modular Kia untuk mengembangkan kendaraan baru di platform ini akan memungkinkan pengembangan turunan lainnya di masa mendatang, seperti kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai sistem senjata, dan yang dirancang dengan spesifikasi dan teknologi yang lebih khusus.

Perusahaan telah mengembangkan ringkasan konseptual untuk kendaraan semua medan militer (ATV) barunya dan berencana untuk memperkenalkan prototipe awal tahun depan.

ATV yang dikembangkan tidak hanya akan digunakan untuk keperluan militer, tetapi juga akan digunakan di berbagai bidang, seperti sektor industri dan rekreasi, menggunakan sasis telanjang dari SUV Kia Mohave yang kokoh.

Untuk berkontribusi pada pengembangan sistem tempur masa depan militer, Kia juga secara aktif melakukan riset dan pengembangan, menggabungkan teknologi otomotif terkini dengan kendaraan militer. Perusahaan sedang mengembangkan teknologi penggerak otonom untuk kendaraan militer yang dapat membantu pengiriman pasokan.

Selain itu, Kia sedang menjajaki potensi teknologi sel bahan bakar hidrogen di berbagai aplikasi militer, termasuk kendaraan sel bahan bakar dan pembangkit listrik darurat. Teknologi sel bahan bakar dianggap cocok untuk kendaraan militer masa depan karena dapat memasok listrik dalam jumlah besar di lingkungan pertempuran.


Baca juga: Laba Kia turun lebih separuh, meski pendapatan membaik

Baca juga: Kia rambah bisnis penyewaan mobil bagian strategi "Plan S"

Baca juga: Kia Rio hybrid dengan transmisi cerdas hadir beberapa bulan lagi
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020