Jakarta (ANTARA) - Google dilaporkan telah mulai meluncurkan pembaruan untuk aplikasi Google Messages yang dapat mempercepat pencarian pesan tertentu.

Dikutip dari Phone Arena, Senin, pembaruan tersebut menambahkan fitur baru yang menempatkan pesan SMS ke dalam salah satu dari lima kategori berbeda, yaitu personal, transaksi, OTP (one-time passwords), penawaran, dan banyak lagi.

Baca juga: Kisah Christopher Farrel, usia 18 tahun jadi CEO dan kerja di Google

Baca juga: Google hapus aplikasi yang curi kata kunci Facebook


Fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui penggunaan "sakelar" yang ditemukan di dalam pengaturan aplikasi Google Messages.

Jika aplikasi Google Messages telah diperbarui, pengguna akan melihat kategori berbeda tepat di bawah bilah pencarian aplikasi di bagian atas UI.

Jika tidak puas dengan kategori pesan tertentu yang telah ditetapkan, pengguna memiliki kesempatan untuk melakukannya, dan bahkan membagikan pesan tersebut dengan Google, yang akan membantu pesan serupa dikategorikan dengan benar di masa mendatang.

Google telah meningkatkan aplikasi Pesan yang memungkinkannya bekerja dengan banyak fitur yang tersedia dengan Rich Communication Services (RCS). Hal ini berarti bahwa pesan dikirim melalui jaringan data alih-alih jaringan seluler operator yang memungkinkan pesan dikirim melalui WiFi.

Pada saat yang bersamaan, pengguna kini dapat mengisi setiap pesan sebanyak 8.000 karakter, dari batas sebelumnya 160 karakter. Dan, pemilik perangkat Android akan mendapatkan tanda terima baca untuk mengonfirmasi bahwa pesan mereka memang telah dibaca.

Dilaporkan bahwa tidak semua pengguna Android menerima pembaruan tersebut, sebab pembaruan dilakukan dari sisi server.


Baca juga: Google Maps uji coba mode gelap

Baca juga: Google akan perketat pajak aplikasi untuk pengembang

Baca juga: Google batasi penggunaan kamera aplikasi pihak ketiga di Android 11

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020