Aksi Agustinus tersebut sempat menimbulkan kemacetan di Jalan Jendral Sudirman 
Jakarta (ANTARA) - Pria yang gemar memanjat fasilitas-fasilitas umum di Jakarta, Agustinus Woro, kali ini kembali berulah dengan memanjat ke salah satu fasilitas umum di Jakarta Pusat yaitu Papan Rambu Lalu Lintas di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat.

Aksi Agustinus tersebut sempat menimbulkan kemacetan di Jalan Jendral Sudirman karena petugas dari tiga pilar yaitu Pemerintah Kota Jakarta Pusat, TNI, dan Polri berusaha melakukan evakuasi.

Baca juga: Agustinus, pria pemanjat baliho setinggi 25 meter dikira teknisi listrik
 
Arsip - Suasana jalan layang Raya Bogor, Pasar Rebo, Jakarta, saat aksi panjat tiang baliho, Rabu (12/9/2018) petang. Pria pemanjat tiang baliho Pasar Rebo yang diduga bernama Agustinus Woro tersebut, sudah melakukan aksinya sejak pukul 02:00 WIB dengan membentangkan berbagai spanduk berisi kritikan dan tuntutan pada pemerintah. (Antara/Ricky Prayoga)


"Dari damkar, kita turunkan 12 personel. Itu sekitar satu jam kita bujuk dia buat turun. Dia kan memang sering dari dulu suka manjat-manjat," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril Rizal saat dihubungi, Senin.

Baca juga: Pria pemanjat baliho ancam beraksi tiga hari tiga malam
 

Tidak diketahui waktu pasti kapan Agustinus memanjat penunjuk jalan di Jalan Jendral Sudirman yang mengarah ke Menteng, namun dipastikan petugas mencoba mengevakuasi pria itu sejak pukul 06.30 WIB.

"Jam 07.30 WIB baru kelar. Selain Agustinus kita juga amankan beberapa spanduk. Ada sekitar tiga buah. Agustinusnya sudah dibawa ke Polsek Metro Tanah Abang untuk dimintai keterangan," ujar Asril.

Asril mengatakan saat ini Jalan Jendral Sudirman sudah kembali kondusif dan lancar.

Baca juga: Aksi sang pemanjat papan reklame 25 meter menurut ahli kesehatan

Agustinus memang kerap melakukan aksinya memanjat fasilitas-fasilitas umum di Ibu Kota sejak 2017.

Ia sempat viral pada 2018 karena nekat memanjat dan bertahan di baliho setinggi 25 meter di samping jalan layang (flyover) Raya Bogor Jakarta Timur pada Rabu (12/9/2018) dinihari.

Papan Penunjuk Jalan di Jendral Sudirman mungkin menjadi salah satu titik favorit Agustinus, karena pada awal 2020 lalu ia pun sempat melakukan aksi serupa.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020