Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi asal China menjadi jenama ponsel pintar, smartphone, nomor 3 dunia pada Q3 2020, menurut laporan sejumlah lembaga riset dan analis data, yakni IDC, Counterpoint dan Canalys.

"Bagi Xiaomi, pencapaian ini tidak lepas dari Mi Fans di Indonesia yang memberikan dukungan tanpa henti. Di tengah kondisi seperti sekarang, kita tetap membangun optimisme dengan menghadirkan berbagai produk dan inovasi dari smartphone dan perangkat pintar," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse, dalam keterangan tertulis, Senin.

Laporan dari Counterpoint menyebut performa yang baik dari Xiaomi untuk pasar di Indonesia serta negara lain di Asia Tenggara yakni Filipina dan Vietnam, ditambah ekspansi yang masif di pasar baru di kawasan Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, serta Eropa.

Pada kuartal ini Xiaomi mencapai pengapalan ponsel pintar terbesar yakni sebanyak 46,2 juta unit.

Baca juga: Xiaomi umumkan trio seri Mi 10T, bawa layar 144Hz dan kamera 108MP

Baca juga: Realme 7 berkamera 64MP dan NFC, ini dua kompetitor utamanya


Xiaomi berhasil melampaui Apple dengan pangsa pasar 13,1 persen berdasarkan laporan dari IDC dengan menyebut pertumbuhan 42 persen dibandingkan Q3 2019.

Performa ini kebanyakan disumbang oleh pasar India yang kembali pulih serta pasar di China yang makin kokoh. Di India, kapasitas produksi Xiaomi telah pulih ke tingkat 85 persen sebelum pandemi COVID-19 terjadi.

Sementara itu, laporan dari Canalys menyebut pelonggaran terhadap pembatasan tempat usaha pergerakan manusia menyebabkan jumlah pengapalan ponsel pintar hanya turun 1 persen dibandingkan Q3 2019.

Pada kuartal ini, Xiaomi agresif dalam menghadirkan ponsel pintar dalam jumlah besar untuk mengisi kekosongan yang diakibatkan penurunan produksi dari brand lain. Di pasar Eropa, Xiaomi tumbuh sebesar 88 persen.

Berdasarkan laporan keuangan Semester I 2020, Xiaomi mencatatkan pendapatan sebesar 103,24 miliar renminbi dan laba bersih 5,67 miliar renminbi.

Untuk pasar Indonesia, Canalys juga menyebut Xiaomi menguasai pangsa pasar produk audio pintar di Indonesia hingga 44,2 persen berdasarkan riset yang dipublikasikan bulan Juli 2020.

Baca juga: Xiaomi garap pengisian daya nirkabel 80W

Baca juga: Xiaomi jamin IMEI Poco X3 NFC terdaftar di mesin CEIR

Baca juga: Poco X3 NFC dengan Snapdragon 732G sasar pasar menengah, ini harganya

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020