BMKG: Waspada angin kencang di wilayah Danau Toba

BMKG: Waspada angin kencang di wilayah Danau Toba

Logo BMKG. ANTARA/HO-Aspri

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini perihal potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Danau Toba.

Menurut siaran pers BMKG Sumatera Utara yang diterima di Medan, Senin, hujan disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Danau Toba tersebut dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Hujan diprediksi terjadi siang dan malam hari. Suhu udara di seputar kawasan Danau Toba 16-24 derajat celsius , kelembaban 65-95 persen dan arah angin dari barat.

Baca juga: Waspadai hujan di pegunungan di Sumut, sebut BMKG

Selain di kawasan Danau Toba, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang juga dapat terjadi di 15 kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Yakni di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan.

Kemudian Simalungun, Pematangsiantar, Samosir, Medan, Langkat, Deli Serdang, Binjai, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Serdang Bedagai, Batubara, dan sekitarnya

Sementara prakiraan gelombang di Perairan utara Sabang, Samudera Hindia barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias cukup tinggi dengan ketinggian mencapai 2,5-4,0 meter.

Baca juga: BMKG: Masih terjadi hujan disertai petir di Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG Palangka Raya prakirakan kemarau di Kalteng terjadi Juni

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar