BPBD Sumsel sebut kesadaran 3M warga sangat baik selama libur panjang

BPBD Sumsel sebut kesadaran 3M warga sangat baik selama libur panjang

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumsel Elbaroma, Senin (2/11) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menyebut kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan selama libur panjang pada Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11) sangatlah baik.

Protokol kesehatan meliputi gerakan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Selama pantauan libur kemarin kami lihat masyarakat sudah sangat patuh dengan 3M walau sedang suasana berlibur,"  kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumsel Elbaroma di Palembang, Senin.
​​​​​​
Menurut dia kepatuhan masyarakat dalam menerapkan 3M juga didukung oleh pengelola industri pariwisata seperti hotel, restoran, destinasi wisata hingga pusat perbelanjaan.

Pengelola industri pariwisata menyediakan sarana cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh.

Selain itu peran media dalam mengingatkan 3M sebelum libur panjang turut berperan penting, kata dia, karena masyarakat memang harus terus diingatkan agar tidak lengah atau merasa aman dari COVID-19 saat berlibur.

Personel BPBD di 17 kabupaten/kota juga masih melakukan pemantauan dan sosialisasi 3M dengan menyasar lokasi keramaian publik seperti pasar serta lokasi wisata.

Sosialisasi harus semakin ditingkatkan mengingat kasus positif COVID -19 di Sumsel masih bertambah setiap hari, sementara di sisi lain aktifitas kegiatan masyarakat semakin kembali normal.

"Kami juga terus membagikan masker untuk masyarakat agar mereka tetap menjalankan 3M, mudah-mudahan kepatuhan masyarakat terus meningkat," kata Elbaroma.

#satgascovid19
#gerakan3M
#ingatpesanibu

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BPBD Sumsel tanam rumput vetiver cegah tanah longsor dan banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar