kader pemimpin Pupuk Indonesia juga dibekali dengan wawasan bisnis manajerial
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyelenggarakan program kepemimpinan dan pengembangan inovasi dalam rangka penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perseroan yang tengah bertransformasi menuju penyedia solusi pertanian berkelas dunia.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia Wijaya Laksana menjelaskan program Leadership Development Program (LDP) adalah suatu rangkaian pembelajaran bidang kepemimpinan yang terstruktur, berkesinambungan dan terintegrasi dengan sistem manajemen talenta dengan mengacu kompetensi yang dibutuhkan.

Program yang diselenggarakan setiap tahun ini didesain khusus bagi karyawan Grade 1, 2, 3, 4 dan 5 di lingkungan Pupuk Indonesia Group. Sasaran LDP antara lain agar dapat menyelaraskan kompetensi dengan kebutuhan perusahaan.

"Melalui program LDP, para kader pemimpin Pupuk Indonesia juga dibekali dengan wawasan bisnis manajerial seperti landasan bisnis, keuangan, strategi, manajemen operasi, perilaku organisasi hingga pengetahuan ekonomi global dan nasional," kata Wijaya di Jakarta, Senin.

LDP juga merupakan rangkaian program inovasi untuk diuji dan dilaksanakan bagi kinerja perusahaan. LDP juga disusun sebagai salah satu pra syarat kenaikan pangkat dan jabatan untuk mengisi posisi-posisi kunci di BUMN industri pupuk tersebut.

Guna mendorong inovasi, Pupuk Indonesia juga secara rutin menggelar kontes Innovation Day, untuk memperkuat pilar riset dan litbang (research and development) dalam membina budaya inovasi di lingkungan perusahaan.

Hal ini juga sejalan dengan salah satu sasaran strategis perusahaan yaitu terbangunnya budaya manajemen kinerja unggul yang berkelanjutan sebagaimana tercantum dalam Rencana Jangka Panjang PT Pupuk Indonesia (Persero) Tahun 2018-2022.

Selain sebagai ajang apresiasi, Pupuk Indonesia Innovation Day juga menjadi wadah sharing para pegawai atas inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh setiap unit kerja dalam pemecahan masalah yang dihadapi.

Menurut Wijaya, SDM yang berkualitas merupakan bekal penting perusahaan menuju keberhasilan di masa mendatang. Gagasan inovatif dan upaya luar biasa sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam bertransformasi mewujudkan visi misi menjadi perusahaan agro-solution berkelas dunia. Manajemen pun berkomitmen mendukung setiap ide brilian dan inovatif para karyawan melalui beragam wadah.

Kemudian, upaya penguatan SDM lainnya diimplementasikan Pupuk Indonesia melalui induksi perekrutan putra-putri Papua yang telah diselenggarakan pada Februari 2020 lalu.

Program induksi ini merupakan rangkaian dari Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN untuk putra-putri Papua dan Papua Barat, yang digelar Kementerian BUMN, berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Program ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo pada September 2019 lalu, supaya ada perekrutan tenaga kerja putra-putri terbaik Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di wilayah kerja BUMN di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah mendukung pemerataan kesempatan kerja bagi SDM yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Setelah menjalani program induksi, dilanjutkan dengan penempatan kerja di beberapa anggota holding Pupuk Indonesia Grup, seperti PT Pupuk Kaltim, PT Pupuk Sriwidjaja, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek, dan PT Rekayasa Industri.

Tak hanya penguatan SDM perusahaan, Pupuk Indonesia Grup turut ambil bagian dalam berkontribusi menciptakan bibit SDM unggul di Indonesia. Hal diwujudkan melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang rutin digelar setiap tahunnya.

Program PMMB ini diharapkan mampu membantu para peserta dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan kerja; membentuk jaringan bisnis serta mempertajam fokus bidang professional yang dituju.

Sejak tahun ini, penguatan SDM Pupuk Indonesia juga telah disandingkan dengan implementasi program AKHLAK sebagai nilai perusahaan (Core Value) yang telah dicetuskan Menteri BUMN Erick Thohir pada 20 Juli 2020 lalu. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Pupuk Indonesia berkomitmen untuk menyukseskan nilai-nilai AKHLAK ini sebagai pedoman dan pondasi perilaku karyawan dan perusahaan sehingga bisa membawa pribadi seluruh insan maupun perusahaan menjadi jauh lebih baik lagi.

"Bagi Pupuk Indonesia, nilai-nilai AKHLAK sangat sesuai dengan perkembangan dan dinamika dunia usaha saat ini. Sejalan dengan tugas dan fungsinya, BUMN dituntut untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dan akselerator kesejahteraan masyarakat," kata Wijaya.

Baca juga: 2020, Pupuk Indonesia tingkatkan produksi NPK dan bangun pabrik CO2
Baca juga: Pupuk Indonesia optimalkan digitalisasi agar produktif dan adaptif
Baca juga: Pupuk Indonesia telah salurkan 6,9 juta ton pupuk bersubsidi

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020