Fuzhou (ANTARA) - Dua pejabat senior China dimintai keterangan atas pelanggaran hukum beberapa saat seusai sidang umum Komite Sentral Partai Komunis China (CPC).

Komisi Inspektorat Disiplin Komite Sentral CPC (CCDI) menyidik Gao Cailin yang menjabat Deputi Sekretaris Jenderal Pemerintah Provinsi Jilin pada Senin.

Sebelumnya pemeriksaan dilakukan lembaga anti korupsi China itu terhadap Sekretaris Partai Kota Sanya, Provinsi Hainan, Tong Daochi, Minggu (1/11).

Gao diduga menyalahgunakan kewenangan dengan bekerja di Bank Rakyat China (bank sentral) Cabang Shanghai dan lembaga keuangan di Provinsi Jilin, demikian pernyataan CCDI dikutip sejumlah media resmi setempat.

Sementara Tong yang tercatat sebagai anggota Komisi Tetap CPC Provinsi Hainan sekaligus orang nomor 1 di CPC Kota Sanya itu juga bekerja di Komisi Regulasi Pasar Modal China dan Kementerian Perdagangan China.

Baca juga: Partai Komunis China: Mental perang dingin halangi percaya diri

Baca juga: Alibaba disebut ada di balik aplikasi Partai Komunis China


Namun, Tong ternyata juga bekerja di organisasi internasional, termasuk sebagai peneliti di Rand Corporation, yakni lembaga penelitian yang berbasis di Amerika Serikat untuk memberikan rekomendasi kebijakan publik pada 1994-1998.

Selain itu, Tong juga bekerja pada Bank Dunia, demikian CCDI.

CCDI menganggap Tong telah melakukan pelanggaran disiplin serius partai dan undang-undang.

Sidang umum Komite Sentral CPC di Beijing berakhir pada Kamis (29/10) dengan melahirkan satu komunike terkait pembangunan ekonomi China untuk lima tahun ke depan.

Baca juga: CPC rombak pengurus partai di tengah meningkatnya kematian corona

Baca juga: Menlu AS desak cara lebih tegas untuk tekan Partai Komunis China

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2020