Anggota DPR: Penataan transportasi publik tingkatkan kualitas kota

Anggota DPR: Penataan transportasi publik tingkatkan kualitas kota

Sejumlah petugas Dinas Perhubungan (Dishub) mengawal bus pariwisata Patriot Kota Bekasi yang akan membawa peserta wisata gratis di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). ANTARA FOTO/Suwandy/foc.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menyatakan penataan sektor transportasi publik yang baik bakal dapat meningkatkan kualitas penataan kota sehingga bermanfaat dalam beragam aspek termasuk perekonomian.

"Transportasi publik sebuah kota akan menjadi salah satu cerminan kualitas pengelolaan kota tersebut serta kualitas kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah kotanya," kata Kurniasih dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia menyatakan hal tersebut terkait dengan kota Jakarta yang berhasil meraih penghargaan peringkat 1 Sustainable Tranportation Award 2021. Penghargaan ini sekaligus menjadikan Jakarta sebagai kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan Sustainable Transportation Award (STA).

Jakarta dianggap paling berhasil dalam melakukan inovasi dan peningkatan mutu transportasi, peningkatan mobilitas transportasi kota dan upaya pengurangan polusi udara dan ketersediaan akses pesepeda dan pejalan kaki selama 1,5 tahun terakhir.

"Penghargaan ini merupakan buah dari kerja keras Pemprov DKI Jakarta dalam membenahi transportasi di Jakarta dalam beberapa tahun terakhir, khususnya program integrasi antarmoda transportasi publik,” kata Mufida.

Menurut dia, melalui program Jak Lingko, secara bertahap Pemprov DKI Jakarta berhasil mengintegrasikan berbagai moda transportasi publik di Jakarta terutama dalam integrasi pembayaran maupun konektivitas antar moda.

Integrasi ini, tambahnya, sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi pengguna transportasi publik, bahkan juga meringankan dari sisi biaya.

"Sehingga dengan integrasi ini, hal yang sebelumnya sulit dibayangkan seperti adanya standar pelayanan yang baik untuk angkot dan bus sedang serta naik angkot yang tidak perlu membayar. Demikian penyediaan jalur bersepeda dan jalur pedestrian yang luas membuat orang nyaman berjalan kaki," ujar dia.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diraih Jakarta sebagai pengakuan dunia terhadap inovasi transportasi massal di ibu kota.

"Alhamdulillah Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021," kata Anies dalam keterangannya, Sabtu (31/10).

Dia bangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi. "Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin," katanya.

DKI Jakarta berhasil memenangkan Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Kota pemenang STA ini diumumkan pada konferensi transport internasional, MOBILIZE 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Dengan penghargaan ini Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota-kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention'.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyatakan bergerak cepat untuk berupaya mendorong pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19, khususnya pemulihan di sektor transportasi.


Baca juga: Pandemi ubah kultur bertransportasi publik

Baca juga: Empat pengelola transportasi publik integrasikan pembayaran

Baca juga: Menhub: Calon penumpang transportasi publik tetap lampirkan hasil tes

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar