Jakarta (ANTARA) - Ketua Forum GenRe Indonesia Nanda Rizka Saputri mendorong para generasi milenial dan generasi Z untuk menerapkan protokol kesehatan dan mengubah perilaku hidup sehat dengan kesadaran sendiri, bukan karena paksaan dari pihak manapun.

"Ini seharusnya sudah menjadi norma atau kebiasaan, tidak lagi pemerintah kesannya memaksa agar kita menerapkan protokol kesehatan," katanya saat diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BKKBN: GenRe menyiapkan masa depan remaja Indonesia

Baca juga: BKKBN Bali peringati Sumpah Pemuda dengan "Go Green Go GenRe"


Jika melihat tipologi generasi Z, ujar Nanda, mereka cenderung tidak suka dipaksa. Jika tetap dipaksakan, kemungkinan besar malah bebal terhadap imbauan tersebut.

Ia mengatakan GenRe Indonesia juga ikut serta mengajak generasi muda dan masyarakat luas dalam mengubah perilaku menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Kelompok sasaran utama yang dikejar ialah laki-laki dan perempuan rentang usia 14 hingga 24 tahun yang tinggal di daerah zona merah dan hijau.

GenRe juga bergerak menyisir organisasi kepemudaan yang mempunyai jangkauan kepada pemuda sesuai sasaran program organisasi mereka.

Ruang lingkup pesan yang disampaikan meliputi persepsi risiko dan ketakutan terhadap COVID-19, tingkat pengetahuan terhadap penyebab, gejala penularan dan transmisi.

Selanjutnya terkait stigma, sebaran rumor dan hoaks, aspek sosial dan budaya yang memengaruhi perilaku, perilaku umum yang perlu ditangani sesegera mungkin dan faktor penghambat maupun pendorong terhadap perubahan perilaku baru.

Sebelum ini, ujar dia, Forum GenRe juga melakukan survei dan menemukan bahwa salah satu yang menyebabkan depresi, bahkan kematian pasien COVID-19 karena stigma dan hoaks dari masyarakat.

Baca juga: Tiga tips berbisnis bagi generasi milenial dari Sandiaga Uno

Baca juga: BKKBN ingatkan generasi milenial "Dua Anak Lebih Sehat"


Sebagai contoh, apabila seseorang mengalami batuk, langsung dicap terinfeksi corona. Kemudian ada lagi temuan ketika pasien COVID-19 telah selesai isolasi mandiri dan keluar dari rumah sakit, tak jarang anggota keluarga yang lain juga dicap negatif oleh lingkungan.

"Akhirnya dijauhkan dari komunitas, stigma-stigma seperti ini yang kita pangkas, karena itu yang menjadi momok," ujar dia.

Dalam kampanye perubahan perilaku yang dilakukan Forum GenRe Indonesia tersebut, juga menyampaikan pesan kunci, yakni 3M, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020