Jakarta (ANTARA) - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) memprediksi dibutuhkan hingga tiga tahun agar industri otomotif tanah air bangkit kembali.

"Kita perlu waktu di atas dua tahun untuk bisa tumbuh kembali atau paling tidak tiga tahun lagi lah," ungkap Presiden Direktur Adira Finance, Hafid Hadeli dalam konferensi pers lewat video, Selasa.

Baca juga: Pasar otomotif nasional diperkirakan pulih 2023

Data Gaikindo mencatat pertumbuhan industri otomotif saat ini mencapai 20-25 persen, di mana kendaraan roda dua masih memegang peran yang baik dibandingkan dengan roda empat.

"Kami melihat adanya perkembangan 20-25 persen, motor lebih baik daripada mobil. Meski begitu, menurut saya itu masih agak rendah, Indonesia masih tertinggal recover-nya," kata dia.

Dalam hal ini, perlambatan ekonomi Indonesia terus berlanjut hingga pada kuartal III-2020, akibat dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang disebabkan pandemi Covid-19. Hal ini berdampak kurang baik terhadap lapangan kerja dan daya beli konsumen.

Menurut data, penjualan industri mobil baru ritel tercatat turun sebesar 46 persen year on year menjadi 407 ribu unit di bulan sembilan. Secara keseluruhan penurunan terbesar didominasi segmen mobil baru penumpang sebesar 48 persen y/y menjadi 304 ribu unit, diikuti segmen mobil baru komersial turun 41 persen year on year menjadi 103 ribu unit.

Sementara itu, penjualan industri sepeda motor baru ritel mencatatkan penurunan sebesar 40 persen menjadi 2,9 juta unit di sepanjang Januari hingga September 2020.

Penyaluran pembiayaan baru perusahaan tercatat sejumlah Rp13,3 triliun hingga akhir September 2020 atau turun sebesar 53 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Penurunan penyaluran pembiayaan baru ini sejalan dengan lemahnya kinerja penjualan industri otomotif akibat kontraksi ekonomi dalam enam bulan terakhir. Dengan demikian total piutang yang dikelola kami mengalami penurunan sebesar 14 persen year on year menjadi Rp46,1 triliun hingga akhir September 2020," kata dia.

Sebelumnya, pelaku industri otomotif di dalam negeri memprediksi pasar otomotif pulih pada 2023.

Dia memperkirakan, penjualan tahun 2021 bahkan tak akan mampu menyaingi penjualan tahun 2019.

"Kehadiran vaksin juga belum tentu menjadikan aktivitas normal menumbuhkan penjualan seperti yang sebelumnya... , menurut hitungan-hitungan kami akan terjadi pada sekitar tahun 2023," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Berbagai cara dilakukan untuk menggerakkan kembali lesunya penjualan di tengah pandemi virus corona, COVID-19.

Salah satu pelaku industri otomotif, misalnya  PT Astra Diahtsu Motor (ADM) mengandalkan penjualan lewat digital.

"Kuncinya di digital, karena kita tidak bisa bertemu secara langsung dengan konsumen akhirnya kita melakukan semuanya melalui digital," kata Marketing and CR Division Head AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso.

Baca juga: Pacu industri otomotif, Menperin lihat peluang modifikasi kendaraan

Baca juga: Kemenkeu tidak berencana terapkan pajak nol persen untuk mobil baru

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020