Jakarta (ANTARA) - Mayapada Healthcare, melalui semua unit Mayapada Hospital, siap membuka Post Covid Recovery & Rehabilitation Center (PCRR Center) yang pertama di Indonesia bagi pasien yang telah sembuh dari infeksi Covid-19.

Siaran pers Mayapada Healthcare menyebutkan, PCRR Center merupakan pusat pelayanan kesehatan terintegrasi dan menyeluruh yang khusus melayani pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh.

PCRR Center merupakan solusi bagi setiap pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 untuk melakukan pengecekan lebih lanjut secara menyeluruh terhadap kondisi kesehatannya guna mencegah masalah kesehatan yang timbul di kemudian hari.

Pusat pelayanan ini memiliki tempat khusus di setiap rumah sakit yang didukung oleh kolaborasi dokter-dokter multi spesialisasi, seperti spesialis Paru, spesialis Jantung, spesialis Saraf, spesialis Penyakit Dalam, termasuk di dalamnya terdiri dari Konsultan Ginjal Hipertensi, Konsultan Endokrin Metabolik & Diabetes, Konsultan Gastroenterohepatology, Konsultan Alergi & Imunologi, Rehabilitasi Medis hingga Psikolog dan Psikiater, lengkap dengan pemeriksaan penunjangnya.

Berdasarkan penelitian, setelah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19, timbul masalah kesehatan lain baik jangka panjang maupun jangka pendek.
Masalah kesehatan yang timbul tiap individu bisa berbeda, seperti gangguan pada otak, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati.

Menurut penelitian, pasien yang menderita gejala ringan pada saat terinfeksi, akan terus mengalami keluhan pada masa pemulihannya, seperti cepat sekali merasa kelelahan atau gangguan pada pencernaan. Di sisi lain, pasien yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit peserta dan terinfeksi Covid-19, kemungkinan mengalami keluhan yang menetap pada masa pemulihan dari infeksi Covid-19.

Jonathan Tahir, selaku Group CEO Mayapada Healthcare mengatakan, "Kami hadirkan Post Covid-19 Recovery & Rehabilitation Center sebagai solusi dan jawaban bagi setiap pasien yang pernah terinfeksi dan sudah sembuh dari Covid-19 untuk mencegah dan meminimalisir masalah kesehatan yang sudah timbul atau yang akan timbul jangka panjang."

"Dengan pemeriksaan menyeluruh, penanganan yang cepat dan tepat di tangan tenaga medis profesional, saya yakin kita bersama-sama dapat meningkatkan kualitas hidup pasien serta memberikan kesempatan untuk menjalani hidup yang bahagia dan sejahtera ke depannya yang lebih baik dan kembali normal,” tutup Jonathan Tahir.

Semua unit Mayapada Hospital menjalankan protokol kesehatan dengan ketat seperti di antaranya:pemisahan gedung perawatan dan poliklinik untuk pasien Covid-19 dan nonCovid-19, pembatasan keluar masuk pintu utama, screening suhu tubuh dengan thermal, penyediaan sanitizer di setiap titik masuk dan keluar Mayapada Hospital, wajib memakai masker guna mendapatkan akses masuk,menyiapkan table shield di tiap ruang konsultasi, serta disinfektan secara berkala di setiap sudut Rumah Sakit.

Mayapada Healthcare menaungi 4 rumah sakit dan 3 klinik, dengan kapasitas total lebih dari 750 bed yang ditunjang oleh lebih dari 1200 tenaga medis professional di bidangnya.  

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020