Bantuan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Program Indonesia Cerdas Bank BRI
Padang, (ANTARA) - Dalam rangka menumbuhkan gerakan gemar membaca pada pelajar di Indonesia, Bank BRI menyalurkan bantuan 5.000 kacamata guna membantu pelajar yang kesulitan membaca karena memiliki masalah pada mata.

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Program Indonesia Cerdas Bank BRI atau program bina lingkungan di bidang pendidikan yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Pimpinan Wilayah Kanwil BRI Padang Wahju Hidajat di Padang, Sumatera Barat, Rabu.

Baca juga: Bantu pedagang, transaksi Web Pasar BRI di Bali tembus Rp153 juta

Ia mengatakan pemberian bantuan pemeriksaan mata dan pengadaan kacamata gratis bagi pelajar itu diluncurkan saat peringatan HUT Ke-125 Bank BRI tahun 2020.

Program yang dinamakan BRI Melihat Dunia ini dilaksanakan serentak oleh 19 kantor wilayah Indonesia yang ditargetkan untuk 5.000 pelajar mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk pelaksanaan Program BRI Melihat Dunia Kanwil BRI Padang, ada sebanyak 150 pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat di tiga unit kerja pelaksana.

"Khusus untuk Kanwil BRI Padang, unit kerja pelaksana programnya kami fokuskan di tiga unit ini yaitu di KC BRI Batusangkar, KC BRI Painan, dan KC BRI Solok," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Wilayah Operasional BRI Padang Ismael mengatakan pemberian bantuan ini bekerja sama dengan beberapa sekolah di wilayah kerja unit kerja pelaksana.

Kriteria penerima bantuan tersebut yaitu pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu atau pelajar yang berprestasi baik secara akademis maupun nonakademis.

"Selain itu, pelajar penerima bantuan telah melalui serangkaian seleksi dari sekolah dimana pelajar tersebut belum pernah menerima bantuan sejenis," ucapnya.

Ia menambahkan untuk mendapatkan kacamata tersebut BRI bekerja sama dengan toko optik setempat, yang kemudian siswa memeriksakan matanya pada optik tersebut dan 2-3 hari kemudian sudah bisa diambil kacamatanya.

"Kegiatan ini sudah berjalan mulai tanggal 2-4 November adalah pemeriksaan, kemudian tanggal 5-6 November adalah proses penyerahan kacamata," sambungnya.

Baca juga: BRI: UMKM penerima BPUM sebaiknya tidak cairkan dana sekaligus
Baca juga: Dana PEN melalui BRI terdistribusi ke 432 rekening di Sulsel

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020