New York (ANTARA) - Setengah dari pemilih AS percaya lebih penting untuk menahan virus corona bahkan jika itu merugikan ekonomi, menurut jajak pendapat Edison Research pada hari Selasa.

Sementara hanya dua dari 10 pemilih secara nasional yang mengatakan bahwa COVID-19 adalah masalah yang paling penting dalam pilihan mereka untuk menjadi presiden.

Jajak pendapat tersebut mengungkapkan keprihatinan yang mendalam tentang pandemi yang telah menginfeksi lebih dari 9,4 juta orang di Amerika Serikat tahun ini dan menewaskan lebih dari 230.000 orang.

Presiden Donald Trump telah menjadikan pembukaan penuh ekonomi AS sebagai inti dari kampanye pemilihan ulangnya, bahkan ketika infeksi terus meningkat.

Baca juga: Jumlah pemilih awal pilpres melonjak, Trump dan Biden genjot kampanye
Baca juga: AS laporkan lebih dari 100.000 kasus COVID-19 dalam satu hari


Penantang Trump dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden, telah mengklaim Trump tidak layak untuk masa jabatan kedua karena penanganannya terhadap pandemi.

Dalam jajak pendapat nasional, empat dari 10 pemilih mengatakan mereka berpikir upaya untuk menahan virus akan "sangat buruk".

Di negara bagian Florida dan Carolina Utara, lima dari 10 pemilih mengatakan tanggapan nasional terhadap pandemi "sangat buruk."

Enam dari 10 pemilih mengatakan pandemi telah menciptakan setidaknya kesulitan keuangan yang moderat.

Dan tujuh dari 10 pemilih mengatakan memakai masker di depan umum adalah "tanggung jawab kesehatan masyarakat" versus tiga dari 10 pemilih yang melihatnya sebagai pilihan pribadi.

Jajak pendapat tersebut didasarkan pada wawancara langsung dengan pemilih pada hari Selasa.

Wawancara langsung di pusat-pusat pemungutan suara awal sebelum Hari Pemilu dan wawancara telepon dengan orang-orang yang memberikan suara melalui surat.

Jajak pendapat tersebut menemukan bahwa sembilan dari 10 pemilih telah memutuskan siapa yang akan dipilih sebelum Oktober, dan sembilan dari 10 pemilih mengatakan mereka yakin bahwa negara bagian mereka akan menghitung suara secara akurat.

Satu dari 10 pemilih mengatakan mereka akan memberikan suara untuk pertama kalinya, yang mirip dengan survei pemilu 2016.

Masalah lain yang menjadi perhatian para pemilih termasuk ekonomi, ketidaksetaraan rasial, kejahatan dan keamanan serta kebijakan perawatan kesehatan.

Edison mengumpulkan jajak pendapat dan hasil pemilihan langsung untuk konsorsium media National Election Pool.

Baca juga: Intelijen: Iran, Rusia ingin campuri pilpres AS 2020
Baca juga: Sorotan dalam debat final Donald Trump vs Joe Biden

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020