Jember (ANTARA News) - Pembalap sepeda gunung, Popo Ario Sejati, tampil sebagai juara nasional Unifikasi Komunitas Downhill Indonesia (UKDI) Seri I/2010 yang digelar di Sirkuit Rembangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

Pembalap dari United Bike Kencana Malang itu berhasil mencatatkan waktu dua menit dan 06,636 detik di nomor "Man Elite".

"Popo merupakan atlet balap sepeda gunung yang banyak memiliki prestasi gemilang di tingkat nasional dan internasional," kata Didit Gondrong, panitia lokal Kejurnas UKDI Seri I di Jember.

Popo merupakan pembalap nasional yang menjadi juara Asia nomor "downhill" pada Kejuaraan Balap Sepeda Gunung Asia 2009 di Malaysia dan sukses merebut emas nomor MTB "downhill" di SEA Games XXIV/2009 Laos.

"Hujan yang turun selama kejurnas di Jember membuat peserta harus ekstra hati-hati karena jalur sepanjang 1,3 kilometer itu cukup sulit dan licin," kata Didit.

Sementara itu, di nomor "Expert", M. Bashori Boncu Agus dari Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Malang keluar sebagai juara dengan catatan waktu dua menit dan 12,701 detik.

Tri Kurnia Sari dari RodaLink XTR Malang juga menyabet juara di nomor "Women Open" dengan catatan waktu tiga menit dan 6,218 detik.

Didit mengemukakan, Kejurnas UKDI Seri I di Sirkuit Rembangan pada 9-11 April 2010 itu diikuti sebanyak 153 peserta dari 16 tim dan pengurus cabang ISSI di berbagai kabupaten/kota.

Tino Latuheru selaku "Chieff Commissaire" Kejurnas UKDI 2010 Seri I, menambahkan, tantangan terberat yang harus dilalui oleh peserta kejuaraan adalah medan yang licin dan cuaca buruk sehingga peserta harus lebih berhati-hati untuk mencapai garis finis.

(T.M038/I007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010