Amarta Karya rampungkan Laboratorium SNSU milik BSN

Amarta Karya rampungkan Laboratorium SNSU milik BSN

Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) milik Badan Standarisasi Nasional yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan


Tangerang Selatan (ANTARA) -- BUMN konstruksi, PT Amarta Karya (Persero), telah merampungkan pembangunan Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) milik Badan Standarisasi Nasional (BSN) di kawasan PUSPITEK Serpong, Tangerang Selatan, Rabu.

Peresmian gedung ini dilakukan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Bambang Brodjonegoro didampingi oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad, para Pejabat Eselon 1 dan Eselon 2 di lingkungan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Direktur Operasional Amarta Karya Royaldi Rosman mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan Laboratorium SNSU sesuai waktu dan mutu yang ditetapkan di dalam kontrak dengan BSN.

"Lingkup pekerjaan meliputi Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Cut & Fill, Pekerjaan Struktur, Pekerjaan Arsitektur, Pekerjaan Mekanikal Elektrikal & Plumbing dan Pekerjaan Telepon, Air & Listrik," ujarnya.

Pembangunan Gedung Laboratorium SNSU ini mengadopsi konsep Green Building dan dibangun di atas lahan seluas 12.000 M², dengan luas total bangunan 11.564 M² yang terdiri dari Bangunan Kantor dua lantai seluas 5.032 M² dan Gedung Laboratorium tiga lantai (termasuk basement) seluas 6.531 M² berikut Bangunan Penunjang dan Sarana Luar.

Laboratorium SNSU ini melengkapi keberadaan laboratorium acuan pengukuran dan kalibrasi yang sudah ada, yang akan memperkuat ketertelusuran pengukuran dengan standar satuan internasional. Dengan adanya Laboratorium SNSU juga akan meningkatkan kualitas ketertelusuran hasil pengukuran khususnya di bidang kimia dan biologi serta sektor Kesehatan yang selama ini masih sering kali tergantung kepada negara lain. Hal ini sekaligus memperkuat standardisasi, riset dan inovasi di bidang kesehatan dalam negeri.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Bambang Brodjonegoro menyampaikan apresiasinya terhadap Amarta Karya yang berhasil merampungkan proyek penting ini secara baik dan tepat waktu.

"Kualitas pekerjaan dan finishing sangat rapi serta memperhatikan detail pekerjaan," katanya.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar